Blog

Cara Format Flashdisk Dengan Mudah & Aman

Flashdisk merupakan sebuah perangkat berukuran kecil, yang berfungsi sebagai media penyimpanan data menggunakan memori dan terhubung pada perangkat lain dengan USB atau Universal Serial Bus. Memformat Flashdisk berarti menghapus semua data yang ada di dalamnya supaya bisa diisi dengan data yang baru. Selain itu, anda juga bisa memformat untuk mengganti sistem berkas yang ada didalam flashdisk supaya lebih kompatibel dengan perangkat atau sistem operasi yang lainnya.

Dan berikut di bawah ini adalah langkah-langkah memformat flashdisk dengan mudah :
1. Langkah yang pertama yaitu menghubungkan flash disk ke komputer melalui USB.
2. Kemudian tunggu hingga komputer anda mendeteksi flashdisk. Jika sudah terdeteksi biasanya akan muncul popup dibagian kanan bawah taskbar komputer anda bahwa flashdisk sudah siap digunakan.
3. Buka Computer atau My Computer. Pada bagian ini, jendela akan menampilkan semua perangkat penyimpanan yang terhubung ke komputer anda. Kemudian anda bisa mengaksesnya dari menu start atau dengan menekan Win + E.
– Pada windows 8,1. Klik tombol start atau tekan win, lalu ketik This PC dan tekan enter.
4. Selanjutnya yaitu, klik kanan pada flashdisk yang sudah terhubung ke komputer. Flashdisk akan muncul di bagian Devices With Removable Storage sebagai Removable Disk dengan huruf paling akhir.
5. Kemudian klik format pada menu Pop Up. Pada proses ini akan membuaka jendela format dengan judul jendela yang menandakan bahwa flashdisk mana yang akan di format.
– Abaikan isi dari Capacity. Karena komputer telah mendeteksi ukuran flash disk dan akan mengisi kotak tersebut secara otomatis.
– Jika anda ingin memformat flashdisk anda dengan cepat maka berikan tanda pada kotak cek Quick Format. Anda masih dapat mengkosongkan flashdisk anda, tetapi berkas berkas yang ada didalamnya tidak akan dihapus, sehingga masih ada kemungkinan berkas tersebut akan dihidupkan dari kematian.
– Biarkan Allocation Size seperti isian yang telah di tentukan oleh komputer.
6. Kemudian pilihlah berkas yang anda inginkan, dan berikut di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri sistem berkas yang harus anda ketahui sebelum memilihnya.
– FAT, yaitu sistem berkas yang paling utama untuk penyimpanan berkas. Sistem ini terkadang cukup lambat tetapi sangat kompatibel dengan berbagai sistem.
– FAT32 akan memaksimalkan ukuran penyimpanan flashdisk anda. Sistem ini sangat cocok untuk membaca dan menulis berkas pada sistem operasi Windows dan Mac OS X dan tidak mendukung berkas diatas 4 GB serta Flashdisk diatas 32GB.
– exFAT ini sangat memungkinkan untuk menyimpan berkas diatas 4GB dan dapat di baca pada sistem opperasi windows atau Mac OS X 10.6.5. Tetapi mungkin anda akan mengalami kesulitan kompatibilitas pada sistem atau perangkat lama.
– NTFS yaitu sebuah sistem berkas yang memungkinkan anda mengakses berkas dengan cepat. Dimana sistem ini sangat cocok untuk flashdisk yang digunakan untuk mengakses data dari aplikasi yang berat. Windows bisa membaca dan menulis ke flashdisk yang bersistem berkas NTFS tetapi Mac OS X hanya bisa membaca data saja.
7. Dan langkah yang terakhir yaitu memulai proses format yaitu dengan cara Klik start pada bagian bawah jendela Format setelah anda memilih pilihan di atas tadi. Komfirmasi proses format dengan mengklik OK pada jendela popup yang muncul. Dan data yang ada di dalam flashdisk akan terhapus semuanya serta flashdisk akan diformat sesuai dengan pilihan anda tadi.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Komputer, Jual Beli Komputer Bekas Jakarta, Komputer Bekas, Toko Komputer Bekas

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment