Blog

Cara Kerja CPU Komputer

Didalam kehidupan manusia, Komputer merupakan sebuah perangkat yang sangat penting, tidak hanya sebagai keperluan kantor dan sekolah saja tetapi juga bisa digunakan sebagai sarana untuk membangun komunikasi antara satu orang dengan yang lainnya, yaitu dengan cara melalui internet.

Selain itu, komputer juga di lengkapi dengan perangkat keras lainnya seperti keyboard, mouse dan CPU yang menjadi perangkat otak dari sebuah komputer. CPU atau Central Processing Unit sendiri berfungsi untuk mengontrol semua sistem yang terdapat pada perangkat komputer.

Dan di dalam CPU sendiri terdapat beberapa komponen yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Berikut di bawah ini adalah komponen-komponen yang berada di dalam CPU :
1. Control unit
Control Unit merupakan pengendali dan juga sekaligus yang mengatur sistem di dalam komputer, Dan control unit inilah yang mengatur alat input sehingga dapat menerima data lalu kemudian menyampaikannya di dalam layar monitor komputer.

2. Main memory
Main Memory atau biasanya di sebut juga dengan Main Storage merupakan komponen yang berfungsi sebagai penyimpanan data yang akan di olah oleh komputer. Main memory sendiri terdiri dari ROM yaitu Read Only Memory yang merupakan rakitan asli dari pabrik sehingga tidak boleh diubah. Selain itu juga ada Random Acces Memory yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara pada setiap aplikasi yang masuk.

3. Aritmatic & Logical Unit
Aritmatic & Logical Unit atau biasa dikenal denagn ALU merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk memanipulasi bit untuk kebutuhan program dan juga perhitungan di dalam komputer yang berupa aritmatika.

Berikut di bawah ini adalah cara kerja dari sebuah CPU komputer :
1. Tahap pertama yang harus anda ketahui dengan mekanisme kerja CPU yaitu Input. Karena input merupakan tahap untuk melakukan transmisi data yang bisa berupa hardware seperti keyboard, mouse, printer, dan yang lainnya.

2. Selanjutnya yaitu tahap kedua, proses dimana input pada tahap awal tadi diproses menjadi ke sistem output. Ketika semua proses sistem sedang bekerja penuh dalam mengolah data, mulai dari RAM yang membawa tugas dalam membaca kecepatan data, power supply yang bertugas untuk menyediakan pasokan listrik kedalam komputer, hardisk yang berguna untuk menyimpan data, VGA yang berguna untuk mengolah data grafis, soundcard yang berguna untuk output audio dan masih ada banyak lagi yang bisa membantu anda dalam tahap proses seperti modem yang berfungsi untuk menghubungkan ke jaringan internet. Dimana semua hardware tersebut akan bekerja sama dan terkoneksi dengan motherboard.

3. Jika sudah melalui tahap proses maka akan menghasilkan suatu output dimana tahap terakhir dari sistem kerja setelah proses. Dan beberap perangkat yang termasuk dalam dolongan output yaitu seperti speaker scanner, printer, monitor dan headset. Komputer sendiri sebenarnya terbagi menjadi tiga bagian utama yang saling berhubungan dengan CPU yaitu pengendali dan juga pengatur, memori yang berfungsi untuk menyimpan data, serta input maupun outputnya.

4. Prosesor, dimana semua pengolahan akan diatur disini sehingga semua perintah yang diperintahkan dapat dihasilkan dengan cepat.
Jika secara teknis di telusuri lebih dalam lagi tentang cara kerja komputer, yakni di mulai dari saat instruksi dimasukkan ke processing device yang di letakkan kedalam RAM dan jika instruksi tersebut sudah terbentuk maka akan segera di registrasikan. Kemudian Control Unit akan mengambil tugas dan jika instruksi terbentuk logika dan aritmatika maka selanjutnya tugas akan di ambil alih oleh ALU dan akan di tampung di Accumulator. Dan jika hasilnya sudah siap maka kemudian akan di teruskan oleh control unit ke output storage dan akan di tampilkan ke output devices.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : Terima Komputer Bekas, Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Komputer, Jual Laptop Second, Jual Komputer Bekas Warnet

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment