Blog

Cara Memeriksa Kondisi Harddisk Komputer

Untuk mengatasi beberapa masalah pada komputer dan meningkatkan performa komputer anda, yaitu dengan memastikan bahwa harddisk dalam kondisi yang baik atau normal. Maka dari itu, anda harus mengetahui cara memriksa harddisk. Dan berikut dibawah ini adalah cara memeriksa kondisi harddisk komputer dengan sistem operasi windows :
– Buka komputer dengan meng-klik tombol Start kemudian klik Computer.
– Klik kanan hard disk drive yang ingin diperiksa, lalu kemudian klik Properties.
– Klik tab Tools, dan kemudian di bawah Error-checking, klik Check Now. Mungkin permintaan izin sebagai administrator atau password di butuhkan. Kemudian ketikkan password administrator atau konfirmasi sebagai administrator.
– Sementara jika anda ingin merepair otomatis dari file atau folder yang di scan dan terdeteksi kerusakan maka klik tombol Automatically fix file system errors sehingga komputer akan secara otomatis memperbaiki kesalahan sistem file tersebut. Sedangkan jika anda tidak memilihnya maka pemeriksaan harddisk hanya akan melaporkan error yang terjadi tetapi tidak memperbaikinya.
– Untuk melakukan pemeriksaan harddisk secara menyeluruh, pilihlah Scan for and attempt recovery of bad sectors. Secara otomatis sistem tersebut akan mencoba untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan fisik pada hard disk itu sendiri. Tetapi proses tersebut bisa memakan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya.
– Untuk memeriksa kesalahan file dan juga sekaligus memeriksa kesalahan fisik pada harddisk, klik “Automatically fix file system errors” dan “Scan for and attempt recovery of bad sectors” sekaligus. Dan komputer akan secara otomatis memperbaiki error pada sistem file dan menandai bad sector.
– Dan selanjutnya yaitu klik tombol Start. Lama waktunya yaitu tergantung pada ukuran hard disk, mungkin hanya membutuhkan waktu beberapa menit hingga belasan menit. Supaya hasilnya maksimal, sebaiknya jangan mengunakan komputer Anda untuk tugas-tugas lain sementara anda menjalankan scanning harddisk ini.
– Jika Anda memilih opsi Automatically fix file system errors dari harddisk yang sedang digunakan misalnya, partisi yang berisi Windows, maka Anda akan diminta untuk menjadwal ulang check harddisk untuk waktu yang akan datang ketika anda melakukan restart komputer.

Selain cara memeriksa kondisi harddisk dengan menggunakan fasilitas yang sudah tersedia di sistem operasi Windows, anda juga bisa memanfaatkan program pihak ketia untuk tujuan tersebut, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Seagate SeaTools
Seagate SeaTools merupakan sebuah software untuk memeriksa hard drive gratis yang cukup handal. Terdapat dua versi yang tersedia yaitu :

– SeaTools untuk DOS yang mendukung harddisk merek Seagate dan Maxtor. Dimana program tersebut mampu bekerja secara independen atau terpisah dari sistem operasi karena bisa ditempatkan di CD maupun USB drive.
– SeaTools untuk Windows, Yaitu merupakan sebuah program pemeriksa harddisk yang harus diinstal pada sistem Windows. Anda bisa melakukan pengujian basic dan advance dari segala macam tipe harddisk baik internal maupun eksternal dari produsen manapun.

2. HDDScan
HDDScan merupakan suatu program pemeriksa hardisk untuk berbagai macam harddisk. Selain itu juga memiliki beberapa tools termasuk SMART Test dan surface test. Penggunaannya juga sangat mudah, portable serta mendukung hampir semua interface hard drive dan bahkan tersedia update secara berkala.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : Jual Beli Notebook Bekas, Jual Beli Laptop Bekas, Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Komputer Bekas Jakarta, Jual Laptop Bekas Murah

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment