Blog

Cara Memperbaiki Komputer Yang Berisik

Mungkin sebagian dari anda pernah mengalami masalah komputer terdengar berisik ketika digunakan sehingga sangat menganggu aktivitas anda. Baik itu saat mengerjakan tugas, mengerjakan pekerjaan kantor maupun hanya sekedar bermain game.

Dan bagi anda yang belum mengetahui penyebab munculnya suara berisik dari komputer anda, berikut dibawah ini adalah beberapa penyebab dan sekaligus cara mengatasi komputer yang berisik tersebut.
1. Karena banyaknya debu dan kotoran
Perlu anda ketahui, bahwa debu dan kotoran yang menumpuk di dalam CPU komputer merupakan penyebab utama munculnya suara berisik pada komputer anda. Sementara untuk mengatasinya yaitu dengan cara membuka penutup CPU untuk membersihkan bagian dalamnya. Dan untuk membersihkan debu atau kotoran yang menumpuk, gunakan blower, cotton buds dan kuas.

2. Karena kipas yang kotor atau rusak
Penyebab yang kedua yaitu karena banyaknya debu yang menempel pada kipas komputer. Dengan menumpuknya debu atau kotoran pada sayap kipas maka akan membuat kipas tidak bisa berputar dengan baik. Sementara cara untuk membersihkan kipas tersebut yaitu sebaiknya anda memberikan oli pelumas supasa kipas bisa berputar dengan baik.

Berbeda jika ternyata kipas komputer anda rusak atau mengalami cacat fisik. Jika itu terjadi maka sebaiknya anda membeli kipas yang baru.

3. Karena kabel yang tidak terpasang rapi
Jika kabel yang berada didalam CPU tidak terpasang dengan rapi maka bisa saja menyebabkan kabel tersebut mengenai kipas dan mengganggu putaran kipas, segingga akan menimbulkan suara berisik pada komputer.
Sementara untuk mengatasinya yaitu, anda bisa mencoba merapikan kabelnya dengan cara mengikatnya dengan kebel pengikat supaya tidak mengenai kipas.

4. Karena longgarnya komponen yang dipasang
Ketika anda merakit komputer atau membongkar CPU, maka sebaiknya anda terlebih dahulu memperhatikan apakah komponen yang anda pasang sudah terpasang dengan benar atau tidak. Karena jika anda komponen yang terpasang tidak benar atau longgar maka akan menyebabkan munculnya suara berisik. Dan salah satu contohnya yaitu karena pemasangan sekrup yang tidak kuat.

5. Karena CPU Over heating
Over Heating juga bisa menjadi salah satu penyebab utama komputer mengeluarkan suara berisik. Karena seringkali kita menggunakan komputer secara multitasking. Sebagai pengguna, kita tentunya harus bisa berfikir bagaimana cara untuk memanfaatkan tenaga komputer secara selektif untuk menyelesaikan pekerjaan anda. Karena jika komputer terus dipaksa terus-menerus bekerja multitasking maka akan menyebabkan komputer bekerja terlalu keras dan tentunya akan mengalami Over Heating.

Ingat bahwa komputer yang bekerja terlalu keras akan membuat processor didalamnya menjadi panas. Dan akibatnya kompputer akan memaksa kipas untuk berputar lebih cepat. Sehingga dengan perputaran kipas yang terlalu cepat itulah yang menyebabkan munculnya suara berisik pada komputer.

Sementara untuk mengatasi masalah ini, anda dappat mencoba untuk menambahkan kipas tambahan pada CPU komputer anda, supaya suhu atau tempperatur pada CPU tetap stabil meskipun digunakan secara terus menerus.

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment