Blog

Cara Mempercepat Booting Windows 7

Ada banyak faktor yang membuat proses booting windows 7 menjadi lebih cepat atau lambat. Mulai dari segi software sistem operasi hingga hardware komputer atau laptop. Dan supaya proses startup bisa berjalan lebih cepat, berikut di bawah ini adalah beberapa cara mempercepat booting windows 7 :

1.Mengatur Program & Service Ketika Startup
Cara yang pertama yaitu dengan mengatur program-program yang berjalan otomatis pada saat komputer baru di nyalakan. Yaitu dengan cara menggunakan kombinasi tombol Winkey + R untuk membuka kotak RUN, lalu kemudian ketik “msconfig”. Setelah terbuka, lalu navigasikan ke tab startup dan pada layar monitor akan tampil banyak startup item yang bisa anda hilangkan dengan cara menghilangkan tanda centang. Berhati-hatilah dalam memilih startup yang ingin di disable, karena jika salah maka akan berakibat pada sistem maupun driver. Sebagai acuannya, pastikan anda memperhatikan beberapa tips di bawah ini :
1. Jangan menghilangkan centang pada Startup yang berlabelkan Brand komputer (Seperti ASUS, Acer, HP, dan lainnya).
2. Jangan menghilangkan centang pada Startup yang berlabelkan Microsoft Corporation
3. Jangan menghilangkan centang pada Startup yang berlabelkan Merek Prosessor (Seperti Intel ataupun AMD)
4. Jangan menghilangkan centang pada Startup yang berlabelkan Driver (Seperti Synaptics Pointer, dan lainnya).
Dan yang lainnya adalah tidak menghilangkan centang pada software. Jika anda tidak menggunakan software tersebut maka anda bisa mendisablenya. Kemudian jika sudah selesai pilih OK.

2.Disable Driver yang tidak digunakan
Driver juga ikut berkontribusi dalam membuat lambatnya proses booting Windows 7. Hal tersebut karena pada tahap ini, WinLogon akan menginstal beberapa komponen sepperti session, service dan juga driver. Dan jika anda menginstal banyak driver maka akan membuat proses booting menjadi sedikit lambat.
Maka dari itulah, sebaiknya nonaktifkan saja driver yang tidak di gunakan. Yaitu dengan cara membuka start menu lalu ketik Device Manager lalu kemudian klik kanan pada driver yang ingin anda nonaktifkan lalu pilih Disable. Setelah itu, coba anda mereboot ulang windows 7 anda dan anda akan merasakan ada sedikit perbedaan.

3.Delay Service pada Saat Startup
Pada saat proses boot, selain driver, sistem meload service juga akan berjalan otomatis pada saat startup. Sehingga akan membuat proses boot menjadi lebih lambat. Maka dari itulah memberikan delay waktu untuk membuka service yang berjalan saat start-up dapat meningkatkan kecepata windows pada saat booting. Caranya yaitu dengan membuka kotak RUN lalu ketik Service.msc lalu setelah terbuka, kemudian pilih service yang berjalan otomatis pada saat startup. Klik 2 kali untuk membuka menu properties. Kemudian jika sudah terbuka pada bagian startup type, ubalah menjadi Automatic (Delayed Start) dan pilih OK untuk perubahannya.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : Toko Komputer Bekas, Jual Laptop Bekas, Jual Laptop Bekas Murah, Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Laptop Bekas

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment