Blog

Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Air

Laptop merupakan sebuah benda elektronik yang memiliki komponen tidak tahan air. Tetapi, siapa yang menduga bahwa laptop anda bisa saja dengan secara tidak sengaja terkena air. Baik itu karena minuman yang tumpah atau kehujanan saat dibawa keluar. Saat minuman tumpah ke atas laptop anda, maka air tersebut bisa masuk melalui celah-celah keyboard dan kemudian akan sampai pada bagian chip dan disiniliah bisa terjadi awal kerusakan pada laptop anda. Dan, jika hal tersebut terjadi maka bisa di pastikan laptop anda akan mengalami masalah seperti terjadinya konslet (short) atau hubungan pendek yang muncul akibat dari sifat konduktif cairan. Tetapi masalah tersebut tidak akan terjadi jika cairan sudah kering. Namun, bisa saja kemudian terjadi kerusakan berikutnya yaitu korosi jika cairan tersebut mengandung asam.

Untuk mengantisipasi kerusakan laptop anda jika terkena air maka ada langkah-langkah yang harus Anda lakukan dan perhatikan agar laptop tidak sampai rusak, Dan berikut di bawah ini adalah tips-tipsnya :

1. Saat anda menggunakan laptop tetapi secara tidak sengaja anda menumpahkan minuman atau cairan di laptop anda maka kemungkinan besar air tersebut akan lebih cepat berinteraksi dengan kabel serta komponen lainnya, sehingga akan mengakibatkan konslet. Jika hal tersebut sampai terjadi maka segeralah matikan laptop anda dan balik laptop anda sampai air tersebut keluar. Dan jangan lupa juga untuk segera melepas baterai laptop anda.

2. Jangan sekali-kali menyalakan laptop anda ketika laptop anda masih dalam keadaan basah, Apalagi jika langsung mencolokannya ke arus listrik. Karena hal tersebut dapat menyebabkan arus pendek atau konsleting pada laptop dan tentunya dapat berakibat fatal.

3. Segera bersihkan bagian baterai dan tempat baterai dengan lap kering jika terkena air atau basah. Bersihkan dengan hati-hati dan jangan sampai merusak bagian kutub plus minus baterai yang pada umumnya berbentuk logam berwarna kuning berkilau.

4. Jika baterai basah maka anda harus menjemurnya tetapi jangan langsung terkena sinar atau panas matahari. Anda bisa melakukan penjemuran dengan menutup baterai dengan kain kering. Hal tersebut dilakukan Karena pada baterai tipe Li-On biasanya cukup sensitif dengan lingkungan yang panas sehingga akan membuat struktur kimiawinya rusak dan bahkan bisa meledak.

5. Jika laptop anda kemasukan air yang cukup parah maka segerahlah melepas keyboard dari body laptop dan kemudian jemur keyboard dengan keadaan terbalik di tempat yang kering tetapi jangan terlalu panas. Sementara jika yang tumpah adalah teh, soda, kopi atau softdrink yang lengket, maka anda harus segera membersihkan sela-sela keyboard dengan menggunakan kuas dan juga sedikit air. Keyboard sendiri terdiri dari papan-papan tombol, kerangka penyangga dan juga Punchcard yang terbuat dari bahan Karet dan jalur bus. Oleh karena itu, biasanya jika terkena air maka komponen tersebut akan berubah dan langsung menempel pada jalur bus dan tentunya akan menimbulkan efek terpencet sendiri pada keyboard.

6. Saat masih proses pengeringan keyboard, anda bisa sambil menekan satu-persatu tuts ke tuts yang lain untuk menghilangkan uap yang mungkin saja tertinggal dan kemungkinan nantinya akan menyebabkan keyboard menjadi lengket.

7. Untuk pengeringan sendiri, anda harus mendiamkan laptop anda minimal 10 jam. Sementara pada kasus yang parah, jika anda berani membongkarnya sendiri, maka yang terpenting yaitu angkatlah motherboard atau mainboard dan juga lepaskan komponen penting lainnya seperti processor, RAM, Wifi, Optical Drive, maupun Garddisk untuk di keringkan. Hal tersebut sangat penting dilakukan supaya motherboard tidak mengalami korosi.

8. Jika anda berani memperbaiki laptop anda sendiri jika sudah terkena air yang cukup parah, maka anda bisa melepaskan LCD Panel dari frame laptop. Sementara itu, layar LCD panel pada laptop sendiri terdiri dari beberapa lappisan-lapisan dan jika LCD panel tersebut terkena air maka kemungkinan air tersebut dapat mengisi celah-celah antara lapisan-lapisan tersebut. Dan tentunya akan mengakibatkan flek-flek putih pada layar LCD laptop anda.

9. Dan tips atau langkah yang terakhir yaitu memasang komponen laptop dengan benar tanpa baterai. Cobalah dengan mencolokan laptop menggunakan adapter tetapi jangan di nyalakan. Jika terjadi sesuatu yang tidak normal seperti tercium bau hangus maka segeralah untuk melepasnya kembali. Dan tentunya anda harus membawanya ke tukang service laptop.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : Jual Beli Komputer Bekas, Jual Laptop Bekas Murah Jakarta, Jual Komputer Bekas Warnet, Jual Laptop Bekas Murah, Beli Komputer Bekas

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment