Blog

Cara Mengatasi Laptop Yang Tiba-Tiba Lowbat

Ketika kita sedang asyik menggunakan laptop sering kali kita lupa untuk memperhatikan daya tahan baterai laptop kita. Dan ternyata baterai laptop kita tiba-tiba lowbat, terlebih lagi ketika kita sedang berada disuatu tempat yang tidak ada colokan untuk mencharger tentunya akan sangat menjengkelkan. Tetapi anda tidak perlu kwatir karena kami akan memberikan beberapa tips mengatasi baterai laptop yang tiba-tiba lowbat dibawah ini :

1. Matikan perangkat yang tidak digunakan
Bagi pengguna laptop yang menggunakan sistem operasi windows 10, setiap device atau perangkat yang terhubung bisa di matikan secara manual. Beberapa device tersebut di antaranya seperti Bluetooth, Network adapter, Optical drive serta Sound dan video. Perangkat tersebut akan selalu aktif meskipun tidak digunakan. Karena perangkat-perangkat tersebut memang akan bekerja secara otomatis jika dibutuhkan, sehingga akan memakan resource daya baterai laptop. Contohnya seperti ketika anda memutar video presentasi maka device yang bekerja adalah sound dan video.

Sementara, untuk mematikan perangat tersebut yaitu dengan cara masuk kedalam menu Device manager yang ada di halaman control panel. Kemudian jika sudah masuk ke dalam device manager, silahkan disable device yang tidak dibutuhkan.

2. Menurunkan kecerahan layar laptop
Sebenarnya, setiap masing-masing laptop sudah ada setinggan untuk menurunkan kecerahan layar laptop, terlebih lagi yang menggunakan sistem operasi windows 7 keatas, fitur tersebut bernama Battery Server. Fitur tersebut akan secara otomatis mendeteksi apakah laptop dalam tersebut sedang di casa tau tidak. Jika sedang mengisi baterai maka battery server biasanya akan off, dan semua fitur OS akan aktif, termasuk tingkat kecerahan layar (Brightness).

Tetapi jika tingkat brightness layar laptop anda masih terang maka anda bisa menurunkannya secara manual yaitu dengan menekan tombol shortcut pada keyboard (FN+F5). Beda merk laptop maka posisi tombol ini tidak sama, cari saja seperti matahari redup dan bercahaya kemudian atur tingkat kecerahannya.

3. Mengubah resolusi layar menjadi lebih kecil
Cara yang ketiga yaitu dengan mengubah resolusi layar menjadi kecil, karena Resolusi layar yang terlalu besar akan membuat daya tahan baterai menjadi cepat habis. Kalau default pada laptop biasanya menggunakan resolusi 1366 x 768, maka ubahlah menjadi ke resolusi 800 x 600 piksel. Perubahannya bisa dilihat dari gambar-gambar, icon serta menu yang terdapat pada layar laptop anda akan terlihat lebih besar dari sebelumnya.

4. Mematikan program yang tidak dibutuhkan
Dan cara yang terakhir yaitu dengan mematikan program yang tidak digunakan, karena program-program yang sedang berjalan tersebut akan menggunakan resource dari laptop anda, yaitu mulai dari processor, RAM, VGA, Hardisk dan power. Untuk itulah jika memang program tersebut tidak digunakan maka sebaiknya segera dimatikan saja.

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment