Blog

Cara mengatasi Monitor Out From Frequency

Out from frequency merupakan salah satu penyakit rusaknya monitor. Out from frequency sendiri terjadi karena resolusi monitor anda terlalu tinggi sehingga akan menyebabkan monitor komputer anda mati. Umumnya, resolusi standart yang biasanya digunakan yaitu sekitar 1024 x 768, namun untuk kekuatan resolusinya sendiri tergantung VGA dan monitornya, Sehingga jika anda mensetting resolusi monitor komputer terlalu tinggi atau refresh rate monitor yang terlalu tinggi maka kemungkinan besar monitor komputer anda tidak mampu untuk mengaplikasikannya.

Biasanya monitor komputer akan menghilangkan gambar dam off dengan sendirinya, karena hal tersebut supaya tidak terjadi kerusakan pada monitor anda. Jika sudah seperti itu maka monitor komputer tidak akan menampilkan gambar apapun dan mungkin hanya akan menampilkan pesan out of range jika computer anda adalah jenis komputer digital. Sementara, tanda-tanda jika setingan resolusi monitor terlalu tinggi yaitu komputer anda tetap bisa menyala tetapi setelah windows anda muncul maka monitor anda akan mengalami blank dan biasanya terjadi pada monitor RCT yang mempunyai resolusi yang kecil.

Berikut di bawah ini adalah beberapa cara jika monitor komputer anda mengalami Out from frequency :

– Restart komputer anda dan jika menyalakan komputer, segeralah untuk menekan tombol F8 pada keyboard pada saat booting. Kemudian CPU akan berbunyi beep, bunyi tersebut merupakan tanda bahwa komputer anda telah terdeteksi keberadaan motherboard. Sedangkan bunyi beep yang kedua yaitu menandakan bahwa komputer anda telah terdeteksi keberadaan operating system. Dan kemudian tekan tombol F8 pada keyboard setelah bunyi beep kedua. Jika anda ragu, tekanlah tombol F8 terus menerus sampai muncul Windows Advance Option Menu.

– Setelah muncul Windows Advance Option Menu, lalu kemudian pilih enable VGA mode, kemudian tekan tombol enter maka komputer akan login seperti bias. Hanya saja setelah masuk windows, tampilan layar dan gambar icon desktop akan menjadi besar-besar. Tetapi jika sudah seperti ini maka settingan resolusi desktop sudah menjadi normal kembali dengan resolusi terkecil atau biasanya sekitar 800 x 600.

– Langkah selanjutnya yaitu setting kembali dan kembalikan resolusi monitor seperti semula, atau anda bisa menyetingg resolusinya menjadi 1024 x 768. Cara menyetingnya yaitu dengan cara klik kanan pada desktop kemudian pilih properties, setelah jendela properties muncul lalu kemudian pilih tab setting dan anda tinggal mengatur resolusinya menjadi 102 x 764 dan kemudian tekan OK.

– Langkah yang terakhir yaitu merestart computer anda kembali dan komputer anda menjadi normal seperti semula.

Demikian beberapa langkah mengatasi monitor komputer yang mengalami Out from frequency, sehingga anda tidak perlu panik saat mengalami masalah tersebut.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : Beli Komputer Bekas, Jual Komputer Bekas, Jual Laptop Bekas Murah, Jual Laptop Bekas, Jual Beli Komputer Bekas

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment