Blog

Karakteristik dan Tips menjaga Flashdisk lebih awet

Flashdisk merupakan media atau tempat menyimpan data yang berbentuk kecil dan mudah di bawa kemana-mana sehingga membuatnya sebagai media yang paling sering digunakan oleh orang-orang untuk tempat penyimpanan data. Tetapi sebagian dari mereka mungkin tidak mengetahui bahwa flashdisk ini memiliki karakteristik.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa karakteristik dari Flashdisk :
– Flashdisk bisa aktif jika ada arus listrik yang bisa diperoleh melalui port USB.
– Beberapa Flashdisk membutuhkan arus atau daya listrik yang lebih besar jika dibandingkan lainnya, Sehingga terkadang harus ditancapkan langsung di port motherboard atau tanpa kabel sambungan dan bukan port didepan supaya dappat terdeteksi.
– Flashdisk tidak akan terdeteksi jika kabel yang digunakan terlalu panjang, karena arusnya kurang kuat.
– Flashdisk memiliki usia atau masa pakai, seperti 100.000 baca tulis atau ketahanan hingga 10 tahun.
– Kecepatan akses membaca akan lebih cepat dari menulis di flashdisk. Contohnya membaca 16MB/s dan menulis 4MB/s dimana satu dan yang lainnya berbeda-beda.
– File sistem yang biasanya digunakan yaitu FAT atau FAT32, Karena bisa diakses hampir dimanapun yang mendukung USB Port. Walaupun bisa diformat sesuai dengan type sistem operasi.
-Pada flashdisk sendiri, Defragment file tidaklah dibutuhkan dan tidak akan mempengaruhi kecepatan mengakses, karena flashdisk menggunakan memori type random akses.

Tips mengamankan data di dalam Flashdisk
Satu-satunya cara mengamankan data yang ada didalam flashdisk yaitu dengan mengenkripsi daya yang ada di dalam flashdisk. Walaupun saat ini ketika membeli flashdisk juga akan disertakan software yang bisa mengunci, namun tetap saja bisa dibuka dikomputer yang tidak ada software tersebut. USB Flashdisk sendiri kemungkinan tidak akan rusak jika terkena air atau bahkan terendam air, dengan catatan sebelum digunakan flashdisk dikeringkan terlebih dahulu.

Tips Menggunakan Flashdisk supaya lebih awet
– Jangan terlalu banyak menyimpan file kedalam flashdisk, namun jika memungkinkan maka lebih baik di ZIP. Karena jika semakin banyak menyimppan file maka proses menulis juga akan lebih banyak sehingga membuatnya cepat rusak.
– Jika tidak penting, maka sebaiknya hindari mengedit langsung dari flashdisk. Namun alternatifnya yaitu dengan cara copy data dikomputer, kemudian edit dan setelah selasai maka kembali di copy ke flashdisk.
– Lepas Flashdisk dari komputer Jika sedang tidak digunakan.
– Kerika akan melepas Flashdisk dari komputer, sebaiknya usahakan melalui Safety Remove Hardware dan hindari melepas flashdisk ketika sedang dalam proses membaca atau menulis karena bisa saja rusak akibat arus listrik.
Dan satu lagi tips ketika akan membeli flashdisk yaitu jangan hanya melihat harganya saja tetapi juga garansinya, Jika harga flashdisk sedikit mahal tetapi garansinya lebih lama maka sebaiknya pilih yang garansinya lebih lama.

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment