Blog

Macam-Macam Kejahatan Dunia Maya

Kejahatan Dunia Maya atau biasanya disebut dengan istilah Cyber Crime merupakan tindak kejahatan yang dilakukan di dunia maya. Sama seperti tindak kejahatan ada umunya, Cyber Crime juga mengakibatkan kerugian bagi orang lain.

Para pelaku Cyber crime kebanyakan melakukannya karena hanya sekedar iseng, namun tidak sedikit juga yang tujuannya ingin mendapatkan keuntungan dari pihak-pihat tertentu.
Dan berikut di bawah ini merupakan beberapa kejahatan dunia maya atau cyber crime yang sering terjadi :
1. Hacking
Hacking merupakan penyusupan kedalam sistem jaringan komputer atau program orang lain. Terkadang kita sering menyamakan istilah antara hacker dengan cracker, Padahal sebenarnya, Hacker merupakan sebutab untuk orang yang melakukan hacking dan Cracker merupakan orang yang melakukan cracking yang justru sangat bertentangan.

Hacker sendiri adalah orang yang mengerti dan sangat paham dalam ilmu komputer, memiliki keahlian membuat dan membaca program tertentu serta biasanya terobsesu untuk memperhatikan security atau keamanan dari sebuah sistem jaringan komputer.

Seorang hacker biasanya akan segera menginformasikan sistem administrator jika terdapat ruang kelemahan ada sistemnya supaya segera diperbaiki. Selain itu, hacker juga tidak merusak maupun memanipulasi sistem yang di Hack.

2. Cracking
Cracking merupakan suatu kegiatan membobol sistem jaringan komputer orang lain, tujuan dari Cracker ini sendiri yaitu untuk kejahatan dan biasanya bersifat destruktif. Contohnya seperti mem-bypass password orang lain, merubah tampilan website bahkan menghapus data-data orang lain. Oleh karena itu, Cracker bisa disebut sebagai pencuri di dunia maya.

3. Spamming
Spamming merupakan suatu kegiatan mengirimkan pesan yang tidak diinginkan melalui Email atau surat elektronik. Contohnya seperti, Jika anda sering mendapatkan Email yang berisi pernyataan bahwa anda baru saja memangkan undian lotre, dan mendapatkan hadiah atau ada orang yang mengaku memiliki rekening bank di inggris, Amerika atau Negara lainnya dan meminta untuk segera mencairkannya maka bisa jadi itu adalah ulah dari tindakan kejahatan Spamming.

4. Defacing
Defancing merupakan kegiatan merubah tampilan atau halaman suatu website atau situs orang lain dan para pelakunya di sebut Defacer.

Seorang Defacer biasanya melakukan hal ini hanya sekedar iseng maupun pamer keahlian bahwa mereka mampu. Tetapi banyak juga yang mencuri data dan menjualnya untuk pihak lain.

Terkadang, seorang hacker juga menerapkan sistem defacing untuk memberitahu administrator bahwa terdapat sebuah celah pada sistem yang telah dibuatnya.

5. Phising
Phising merupakan suatu tindakan kejahatan yang digunakan untuk memancing user atau para pengguna internet banking supaya memberikan username dan passwordnya pada suatu halaman web yang telah di deface atau di ubah tampilannya. Lalu kemudian jika user sudah mengiri username dan passwordnya maka username dan password tersebut akan menjadi milik si penjahat dan kemungkinan uang yang ada di dalam rekening anda.

6. Carding
Carding merupakan suatu kegiatan berbelanja menggunakan kartu kredit orang lain dan dilakukan secara illegal. Dan jika Phishing sudah berhasil dilakukan maka selanjunya akan terjadi Carding.

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment