Blog

Macam-Macam Kerusakan Pada Komputer & cara Mengatasinya

Komputer merupakan perangkat elektronik yang tentunya tidak selamanya dalam kondisi baik, Pemakaian komputer untuk membantu pekerjaan sehari-hari atau terlalu lama digunakan menjadi penyebab utama kerusakan pada komputer. Sebagian besar para pengguna komputer pasti pernah mengalami perangkat yang mereka gunakan bermasalah, baik itu yang di sengaja maupun tidak di sengaja.

Berikut dibawah ini adalah beberapa jenis kerusakan pada komputer dan menhatasinya :

1. Komputer tidak mau nyala

Penyebab komputer tidak mau nyala sama sekali, biasanya di sebabkan oleh berbagai macam faktor. Dan untuk mengatasinya anda bisa memeriksa Koneksi kabel yang terhubung dari power outlet ke tombol power yang ada di PC. Kemudian, anda harus memeriksa fungsi dari stabilizer, apakah komponen tersebut masih berfungsi atau tidak jika memakai stabilizer. Dan yang terakhir yaitu dengan memeriksa kabel power yang ada di CPU. Tetapi jika kerusakan yang terjadi masih belum terselesaikan, kemungkinan besar kerusakan tersebut terjadi ppada komponen powes supply atau di Mainboardnya.

2. Komputer bisa nyala Tetapi Tidak Mau Booting

Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa memeriksanya dengan cara mengenali bunyi beep pada komputer.

– Jika tanda beep bunyi 1 kali maka itu menandakan bahwa perangkat komputer dalam keaadaan baik-baik saja.
– Bunyi tanda beep 1 kali panjang, maka itu menandakan bahwa kerusakan terjadi ada komponen memory.
– Tanda Beep berbunyi 1 kali panjang dan 3 kali pendek menandakan bahwa kerusakan terjadi pada komponen VGA card.
– Tanda Beep berbunji 1 kali panjang dan 2 kali pendek, menandakan bahwa terjadi kerusakan pada DRAM parity.
– Tanda Beep berbunyi terus menerus, hal tersebut merupakan tanda kerusakan pada modul memory atau pada memory video

Selain mengenali kerusakan dengan kode diatas, anda juga bisa menggunakan software diagnose seperti sisoft sandra, PC mark04, PC mark05 dan lainnya.

3. Komputer Mau Booting Tetapi Selalu “Safe Mode “ (untuk masuk ke safe mode tekan F8)

Untuk mengatasi kerusakan di atas, anda bisa mengatasinya dengan cara merestart kembali perangkat komputer anda. Tetapi jika kerusakan tersebut masih belum bisa teratasi, cobalah menginstal ulang sistem operasi pada perangkat anda. Dan jika belum teratasi juga, kemungkinan kerusakan terjadi pada Hard Disk dan untuk mengatasinya anda bisa memeriksa kondisi hardisk tersebut dengan menggunakan softwate scan disk.

4. Komputer sering mengalami Hang

Kerusakan ini biasanya terjadi karena disebabkan oleh crash pada software dan untuk mengatasinya anda bisa menekan ctrl + alt + del lalu kemudian pilih program yang mengalami crash dan biasanya ada keterangan “Not Responding” lalu kemudian klik End task pada program tersebut atau bisa juga dengan cara merestart perangkat komputer anda.

Selain itu, kerusakan tersebut juga bisa disebabkan karena adanya penambahan yang mengakibatkan terjadinya masalah. Biasanya masalah tersebut juga sering di alami oleh antar hardware jika anda menggunakan sistem operasi windows. Anda bisa mengatasinya dengan cara menginstal ulang sistem oerasi windows anda. Tetapi, perlu diingat bahwa sebelum menginstal sistem operasi windows, jangan lupa melepaskan hardware baru anda terlebih dahulu. Kemudian jika sudah terinstal, anda bisa memasang hardware tadi dan melakukan scan hardware dengan fasilitas Add New hardware yang biasanya terdapat bada menu control panel.

5. Keyboard Tidak Dikenali Oleh Komputer

Untuk mengatasi kerusakan tersebut, anda bisa memerikasa terlebih dahulu apakah keyboard sudah terpasang dengan benar atau tidak. Jika keyboard sudah terpasang dengan benar tetapi masih tidak bisa di deteksi oleh komputer, maka anda bisa mencobanya untuk mengganti keyboard perangkat komputer anda. Tapi jika masih saja belum terdeteksi, maka kemungkinan kerusakan tersebut terjadi pada port komputer anda dan anda bisa mengatasinya dengan cara menggantinya dengan port USB jika port PS2 anda tidak bekerja atau sebaliknya. Tetapi jika kerusakan tersebut masih belum juga terselesaikan, anda bisa mengatasinya dengan mengganti atau menginstal ulang sistem operasi komputer anda.

6. Mouse Tidak Dikenali Oleh Komputer

Permasalahan ini hampir sama dengan permasalahan pada point 5, dan solusinya juga sama dengan point 5.

7. Pointer Mouse Selalu Meloncat-Loncat

Kerusakan tersebut biasanya terjadi karena mouse yang dipakai kotor, dan cara mengatasinya yaitu dengan membersihkan mouse anda atau jika anda menggunakan mouse optik, biasanya di sebabkan oleh alas mouse yang tidak rata, goyang atau juga alas yang anda gunakan permukannya mengkilap.

8. Sering terjadi Crash pada perangkat Komputer Anda

Kerusakan tersebut biasanya terjadi karena disebabkan oleh banyak faktor, dan untuk mengatasinya, anda bisa memeriksa semua posisi hardware, kabel dan juga tegangan pada casing. Selain itu, anda juga harus memeriksa suhu pada CPU dan juga RAM, VGA dan Processor.

9. Produsen MetherBoard(MB) Tidak Diketahui

Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa membuka casing, lalu kemudian periksa CPU anda, Biasanya di sebuah Maintboard terdapat label Produsen serta Spesifikasi dan juga tipe Mainboardnya. Selain itu anda juga bisa melihat manual book yang disertakan saat anda membeli baru perangkat komputer tersebut.

Perlu diingat, saat anda membeli perangkat komputer tersebut jangan lupa untuk meminta manual booknya juga. Selain itu anda juga bisa mencari data tentang perangkat komputer anda melalui internet, lalu kemudian anda bisa mencocokkan dengan ID yang biasanya terdapat pada sticket Mainboard. Dan anda juga bisa mengunjungi situs www.fcc.gov/oet/fccid untuk mencari daftar nomor ID yang biasanya di keluarkan oleh lembaga perijinan untuk perangkat – perangkat elektonik di Amerika.

10. Lupa Password BIOS

Sebagian besar para pemilik perangkat komputer juga pernah mengalami permasalahan ini dan untuk mengatasinya anda bisa mencabut baterai cmos pada CPU anda. Selain itu, anda juga bisa mencoba menebak beberapa password default untuk produsen – produsen bios. Misalnya untuk AMI dan AWARD contohnya AMI_SW, AMI, A.M.I, ALLY, 589589 dan lain-lain.

11. Settingan tanggal dan Jam pada BIOS Berubah-Rubah

Biasanya masalah ini karena disebabkan oleh battery CMOS yang sudah mati dan cara mengatasinya anda bisa menganti battery CMOS dengan menggunakan battery yang baru.

12. Menambah Perangkat Hardware Baru, Tapi Tidak Terdeteksi Oleh BIOS

Biasanya komputer akan secara otomatis menscan hardware yang baru di tambahkan. Tetapi jika hardware tersebut tidak dapat dikenali, kemungkinan besar Bios anda sudah lama. Sehingga tidak dapat mendeteksi hardware yang baru anda asang. Dan untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa mengatasinya dengan cara mengupgrade BIOS anda melalui internet.

13. Mendeteksi Kerusakan Card Pada MB

Untuk mendeteksi kurusakan Card ppada MB, anda bisa mengatasinya dengan cara mencabut dan kemudian menancapkan kembali ke beberapa card yang terdapat ppada Maintboard anda. Jika proses booting gagal maka kemungkinan Card yang anda pasang mengalami masalah begitu juga sebaliknya.

14. Processor Baru Tidak Terdeteksi

Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa memeriksa processor yang anda pasang apakah sudah terpasang dengan benar atau tidak. Selain itu anda juga bisa memeriksa posisi jumper pada processor.

15. Mengalami Crash Setelah RAM Baru Terpasang dan Tidak Terdeteksi

Maslah ini sering terjadi setelah anda memasang RAM baru dan kemungkinan di sebabkan oleh RAM yang tidak kompatibel dengan perangkat komputer anda. Untuk mengatasinya, anda bisa mencabut RAM anda dan kemudian memasangnya kembali. Pastikan bahwa slot pada perangkat komputer anda sesuai dengan jenis RAM yang baru.

18. Virtual Ram Bermasalah

Untuk mengatasi masalah ini anda bisa Klik kanan icon My computer, lalu kemudian pilih properties, Selanjutnya pilih tab performance dan klik VIRTUAL MEMORY. Kemudian setelah itu, anda dapat memilih let me specify my own virtual memory setting yang artinya pilih HD yang akan digunakan sebagai virtual memory dan kemudian klik OK.

19. Monitor Tidak Nyala

Untuk mengatasi masalah ini, anda harus memastikan terlebih dahulu semua kabel yang terhubung pada power maupun konektor yang tersambung dengan monitor apakah sudah benar-benar sudah sesuai. Kemudia pastikan juga pin port VGA apakah bisa masuk dengan sempurna dan kondisi pin tidak ada yang bengkok, Jika dari salah satu pin VGA tidak masuk maka bisa di pastikan bahwa monitor anda tidak akan menyala. Selain itu anda juga harus memastikan VGA card apakah sudah sesuai atau tidak.

20. Monitor Menjadi Gelap Saat Loading Windows

Masalah ini bisa saja terjadi karena disebabkan oleh setup driver untuk monitor tidak sesuai atau bisa juga setingan frekuensinya yang terlalu tinggi. Dan untuk mengatasinya, anda bisa terlebih dahulu masuk kedalam kondisi safe mode dengan cara menekan F8, lalu kemudian anda harus menginstal ulang driver VGAnya.

21. Tampilan Komputer Tiba-Tiba Menjadi Rusak Dan Komputer kemudian Hang

Masalah ini terjadi karena kemungkinan di sebabkan oleh suhu VA card yang terlalu panas dan untuk mengatasinya, anda bisa menambahkan kipas pendingin.

22. Ukuran Tampilan monitor Tidak Sesuai Keinginan

Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa masuk ke menu display properties dengan cara klik kanan pada sembarang tempat yang ada di dekstopp lalu kemudian pilih properties, Selanjutnya, tekan tab setting dan atur ukuran tampilan sesuai dengan yang anda inginkan.

23. Monitor Seperti Berkedip Saat Digunakan

Untuk mengatasi masalah ini, anda harus masuk ke display properties dengan cara klik kanan di sembarang tempat pada desktop dan ppilih properties, Kemudian tekan tab setting lalu klik advance. Selanjutnya klik adapter dan pada bagian ini biasanya akan di tampilkan refresh reat yang diinginkan.

24. Sound Card Baru Tidak Terdeteksi

Masalah ini biasanya karena disebabkan oleh Crash Soundcard dengan soundcard yang lama. Untuk mengatasinya anda bisa melihat manual booknya. Apakah untuk memasang soundcard baru harus terlebih dahulu mematikan soundcard on boardnya atau tidak. Jika ingin menginstal ulang soundcard baru, anda harus mematikan soundcard on boardnya terlebih dahulu dengan cara menset jumper atau bios.

Dengan mengetahui jenis – jenis kerusakan yang terjadi pada perangkat komputer dan cara mengatasinya. Maka kita akan lebih mengetahui cara memperbaiki komputer sendiri jika suatu saat terjadi kerusakan dengan cara yang baik dan benar sehingga anda tidak perlu lagi membawa kepada teknisi komputer yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : CPU Bekas, Komputer Bekas, Jual Komputer Bekas Warnet, Jual Beli Komputer Bekas, Jual Laptop Bekas Murah

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment