Blog

Pengertian Hardsik,Fungsi Hardisk dan Jenis-Jenis Hardisk Pada Komputer

Hardisk atau yang biasa di sebut HDD merupakan sebuah komponen penting yang berfungsi sebagai salah satu media untuk menyimpan data pada komputer maupun laptop. Dan di dalam hardisk itulah kita dapat menyimpan seluruh data yang akan kita kerjakan sehari-hari, seperti dokumen berupa file word, mp3, video sampai dengan tempat berjalannya sistim operasi komputer.

Sementara untuk merk hard disk yang paling sering di gunakan yaitu Seagate, Western Digital (WD), Samsung dan masih banyak lainnya. Dan untuk kapasitasnya sendiri yaitu antara 250 GB sampai 2 TB, Tetapi yang terdapat pada laptop atau komputer pada umumnya yaitu berkisar antara 250 GB samapi 500 GB, Meskipun ada juga laptop yang telah memiliki kapasitas hard disk bawaan sampai 1 TB.

Hard Disk berbeda dengan RAM yang sifatnya hanya sementara, di mana data yang tersimpan akan hilang jika komputer telah di restart ulang atau dimatikan. Sedangkan Hard Disk sendiri dapat menyimppan data secara permanen, sehingga jika komputer telah di restart atau di matikan data akan tetap bisa di buka kembali, tentunya dengan catatan sebeleum komputer direstart anda harus terlebih dahulu menyimpan data terlebih dahulu kedalam hard disk.

Hardisk sendiri memiliki beberapa jenis atau type, dan berikut di bawah ini adalah beberapa jenis Hardisk yang terdapat pada Komputer maupun Laptop :

1. Hardisk ATA / EIDE

Hard disk ATA (Advanced Technology Attachment) atau EIDE (Enhanced IntegratedDrive Electronic) merupakan interface standar yang memungkinkan anda untuk menghubungkan perangkat penyimpanan ke komputer PC. Sementara, keuntungan drive EIDE tau ATA sendiri yaitu harganya yang cukup murah. Tetapi disisi lain juga memiliki kekurangan, yaitu di harus memerlukan kontroler secara terpisah untuk masing-masing drive jika dua drive di gunakan secara bersamaan.

2. Hardisk SCSI

Hardisk SCSI atau singkatan dari Small Computer System Interface, merupakan sebuah antarmuka bus yang memiliki performa cukup baik. Jenis Disk ini cenderung lebih mahal karena mengingat performanya yang lebih cepat dari jenis hard disk ATA.

Selain memiliki keunggulan dari segi cepat, keuntungan lainnya yaitu kartu SCSI dapat menghubungkan 15 atau lebih perangkat dalam suatu mata rantai. Dan controller akan mengenali ID masing-masing perangkat SCSI secara tersendiri. Sehingga akan meningkatkan fleksibilitas yang lebih besar kepada perluasan apapun. Selain itu, SCSI juga biasa digunakan pada komputer server karena kemampuanya yang clebih epat dan kemampuan multitaskingnya yang cukup baik.

3. Hardisk RAID

Hard Disk RAID atau singkatan dari Redundant Array of Independent Disk. Dan RAID sendiri bisa diartikan sebagai cara menyimpan data pada beberappa hard disk, dengan begitu maka kinerja PC akan meningkat dan selain itu, salinan data juga bisa di jadikan back-up.

Hard Disk jenis RAID ini, Menjanjikan performa yang sangat baik dan juga menyediakan penyimpanan yang sangat besar. Pada umumnya, Disk jenis ini biasanya digunakan dalam komputer performa tinggi atau dalam sistem yang membutuhkan kualitas penyimpanan yang jauh lebih tinggi dari pada umumnya.

4. Hardisk SATA

Hard disk dengan tipe SATA (Serial Advanced Technology Attachment) merupakan sebuah pengembangan dari jenis Hard Disk ATA. Hard Disk SATA bisa diartikan sebagai teknologi yang didesain untuk menggantikan ATA secara total. Kelebihan dari SATA ini yaitu Adapternya yang mampu mengakomodasi transfer data dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ATA yang lebih sederhana, Sehingga bus serial ini mampu melebihi kecepatan dari bus pararel.

Keunggulan dari Hard Disk SATA yaitu, Dalam mentransfer data, SATA mampu mentransfer data secara berurutan atau serial melalui kabelnya. Bahkan secara teknik, SATA juga dapat menyusun sendiri disk yang terhubung ke dalam motherboard tanpa menggunakan sistem master ataupun slave, dengan begitu maka kabel SATA hanya bisa digunakan dalam satu Hardisk.

Tipe hard disk ini, termasuk dalam kategori internal hard disk, yaitu perangkat yang terdapat di dalam CPU. Selain internal hard disk ada juga eksternal harddisk (hard disk yang berada diluar CPU), sehingga juga bisa dipindah-pindahkan. Eksternal hard disk tersebut memiliki kecepatan rotasi 7200 rpm dan pemasangannya juga sangat mudah, bahkan tidak perlu membongkar PC tetapi, hanya dengan menghubungkan port USB ke PC saja, dan kemudian dapat mentransfer data 480 Mbps.

5. Hardisk SSD

Hard Disk SSD atau singkatan dari Solid State Disk ini adalah termasuk dalam kategori HDD dengan teknologi paling advanced atau terbaik. Umumnya, sebagai media penyimpanan data, hardisk memiliki bagian mekanik di dalamnya. Tetapi berbeda dengan SSD yang menggunakan teknologi seperti yang digunakan pada USB atau Universal Serial Bus yaitu out-put dan in-put antar muka yang lebih cepat jika di bandingkan dengan system port serial yang digunakan oleh HDD konvensional.

Itulah beberapa jenis Hard Disk pada Komputer berdasar jenis & fungsingnya. Semoga Bermanfaat.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : Jual PC Bekas, Jual Beli Komputer Bekas Jakarta, Jual Beli Komputer Bekas, Jual Laptop Second, Jual Komputer Bekas Warnet

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment