Blog

Penyebab Komputer Atau Laptop Lemot & Cara Mengatasinya

Masalah komputer lemot atau lambat merupakan masalah yang cukup besar bagi para pengguna komputer. Karena banyak pekerjaan yang tidak segera terselesaikan karena komputer yang mereka gunakan lambat. Sebenarnya ada banyak sekali penyebab yang memicu lambatnya kinerja pada komputer ada, mulai dari segi softwarenya sampai masalah pada hardwarenya.

Berikut dibawah ini adalah beberapa masalah kinerja komputer melambat dan juga cara mengatasinya :

1.Kekurangan Memory

Masalah ini seringkali menjadi alasan utama lambatnya kinerja komputer, yaitu minimnya RAM yang terpasang pada sebuah komputer. Karena RAM memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah perangkat komputer maupun laptop untuk menjalankan program secara bersamaan. Sehingga semakin banyak program yang berjalan pada komputer anda maka akan semakin banyak juga RAM yang dibutuhkan.

Untuk mengatasinya maka anda harus menambah kapasitas RAM pada komputer anda menjadi lebih besar, supaya proses multitasking atau kinerja komputer anda jauh lebih lebih cepat.

2.Terlalu banyak program yang terinstall

Komputer atau laptop yang terinstal banyak program atau aplikasi didalamnya akan membuat kinerja dari komputer anda lambat. Kecuali komputer atau laptop anda memiliki kapasitas hardisk yang cukup besar, misalnya 1TB.

Solusinya yaitu, periksalah program apa saja yang sudah terinstal di perangkat anda dengan cara klik Add/Remove Program di control ppanel kemudian Un-Install program-program yang hanya menjadi Accessories tersebut.

3.Banyaknya program yang berjalan di startup

Saat pertama kali menghidupkan komputer atau laptop, Program-program pada startup akan berjalan secara otomatis. Dan semakin banyak program yang berjalan pada startup maka akan semakin berat juga proses multitaskingnya.

Solusinya yaitu dengan menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, Dengan cara masuk ke System Configuration Utility kemudian ketik : msconfig pada menu run, Dan selanjutnya pada tab service dan startup lakukanlah uncheck kepada aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan. Dan untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Anda bisa menggunakan tool Process Explorer. Maka dengan tool tersebut anda akan dapat mengetahui dan menonaktifkan aplikasi apa saja yang tidak dibutuhkan atau anda curigai sebagai virus.

4.Temporary File yang sudah membengkak

Temporary File merupakan file-file sementara yang di buat oleh system winsows yang memiliki tujuan tertentu. Selain itu, File-file pada recycle bin maupun cache pada aktivitas browser anda juga dapat mempengaruhi kinerja laptop.

Solusinya yaitu dengan membersihkan file-file tersebut. Dengan cara menjalankan menjalankan program Disk Clean Up kemudian klik start-run, ketik “cleanmgr” lalu pilih drive yang akan di Cleanup. Selain itu anda juga bisa menggunakan software Jetclean untuk mempercepat kinerja komputer anda dengan cara membersihkan file-file dan registry yang tidak di butuhkan.

5. Terlalu banyak program yang berfungsi sebagai “security program”

Security program, atau contohnya seperti antivirus dan firewall merupakan sebuah software atau aplikasi yang harus ada dalam sebuah perangkat komputer atau laptop. Tetapi juga jangan terlalu banyak seperti dengan menginstal 2 atau lebih program antivirus sekaligus.

Solusinya yaitu dengan melakukan update dengan cara mengaktifkan windows firewall dan gunakan antivirus yang tidak membebani komputer seperti Avas antivirus dan berhati-hatilah saat menggunakan USB Flashdisk atau memory card.

6. Masalah pada hardisk

Hardisk merupakan sebuah komponen yang penting pada sebuah laptop atau komputer. Jika hardisk bermasalah maka bisa dipastikan akan mempengaruhi kinerja komputer.Dan biasanya, masalah komputer lemot juga bisa jadi karena hardisk yang rusak, seperti Low space, Hardisk yang terfragmentasi, hardisk yang sudah lama sehingga membuat rpmnya menurun, serta hardisk eror atau bad sector.

Solusinya yaitu dengan cara mengupgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau menggantinya, lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala, Hindarkan hardisk dari debu, guncangan dan panas yang berlebihan, perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk. Tetapi jika anda memiliki budget lebih, maka tidak ada salahnya untuk mengganti hardisk dengan SSD (solid state drive).

7. Adanya virus, malware atau spyware pada komputer

Yang namanya virus pasti sifatnya merusak. Jika komputer anda sudah terlebih dahulu terserang virus atau malware maka anda harus segera menjalankan Windows Safe Mode dengan cara mematikan fasilitas system restore dan gunakan program anti virus seperti Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan jangan lupa juga untuk melakukan update pada sistem operasi.

8. Karena System Files ada yang corrupt atau bahkan hilang

Masalah ini biasanya terjadi setelah komputer mendeteksi virus lalu file-file yang sudah terserang virus tersebut terlanjur rusak atau terhapus oleh software antivirus. Dan untuk mengatasinya sendiri yaitu dengan cara merepair sistem operasi yang digunakan.

9. Hardware overheat

Mungkin masih sedikit orang yang mengetahui bahwa hardware yang bermasalah juga dapat meyebabkan laptop menjadi lemot, Entah itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau cpu. Selain kinerja menjadi lambat, Hardware overheat juga bisa menyebabkan komputer menjadi hang atau bahkan kerestart.

Solusinya yaitu, pastikan bahwa sirkulasi udara pada bagian dalam CPU sudah berjalan dengan baik, selain itu pada Fan (kipas) juga harus bersih dari debu sehingga dapat berputar dengan lancar.

10. Karena adanya masalah konektifitas pada jaringan / network

Masalah ini bisa terjadi karena traffic jaringan yang cukup tinggi, hub atau switch yang hang atau terdapat virus yang menyerang ke sistem komputer.

Solusinya yaitu, lepaskan dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Roset LAN, kemudian restart switch atau hub dan gunakanlah program Port scanner untuk mengetahui paket data apa sajakah yang masuk dan keluar dari sistem komputer.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : Jual Laptop Bekas Murah, Toko Komputer Bekas, Jual Beli Komputer Bekas, Jual Beli Monitor Komputer, Lelang Komputer Bekas

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment