Blog

Perbedaan Hacker & Cracker Dalam Ilmu Komputer

Sering kali kita salah mengartikan istilah hacker dan cracker dalam kehidupan sehari-hari. Padahal sebenarnya seorang hacker yang di anggap penjahat cyber itu terkadang justru membantu sebuah sistem internet dan menyelamatkannya sehinga sebutan hacker belum pasti adalah seorang penjahat.

Hacker yang sering kita anggap sebagai penjahat ini merupakan orang-orang atau kelompok yang bekerja untuk mencari kelemahan sebuah sistem komputer, tetapi kemudian memberikan terobosan baru sehingga sistem tersebut akan tetap aman terhadap semua gangguan dari luar.

Sedangkan Cracker sendiri merupakan orang yang melakukan suatu pekerjaan untuk mencari kelemahan sebuah sistem dalam internet lalu kemudian menggunakannya untuk kepentingan pribadinya dengan mencuri data, menghapus data, merusah data dan sesuatu yang dapat merugikan.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa perbedaan hacker dan cracker dalam ilmu komputer :

– Hacker bekerja dengan cara menyusup dalam sebuah situs dari internet dan disertai dengan kemampuan menganalisa situs tersebut sehingga tidak merusak situs tersebut. Biasanya, mereka bekerja untuk menguji sebuah sistem apakah bekerja dengan baik atau tidak dan mereka akan menginformasikan kelemahan sistem tersebut serta akan memberikan solusinya juga.

Sedangkan Cracker sendiri bekerja dengan membuat suatu program sehingga situs yang telah di akses akan rusak dan tujuan utamanya yaitu hanya untuk kepentingan pribadi saja. Contohnya seperti pada pencurian kartu kredit, pembobolan rekening bank, virus serta pencurian password e-mail dan lainnya.

– Perbedan antara Hacker dan Cracker selanjutnya yaitu, seorang Hacker memiliki banyak ide yang kreatif sehingga bisa sangat berguna untuk sebuah situs atau perusahaan. Selain itu, program yang sedang dirancangnya juga bisa berguna untuk orang lain sehingga tidak bersifat merusak.

Sedangkan seorang Cracker akan membuat suatu ide yang bagus namun bisa merugikan orang lain dan menguntungkan dirinya sendiri, Contohnya seperti pada kasus carding atau pembobolan kartu kredit yang yang marak terjadi akhir-akhir ini.

– Hacker yang mempunyai banyak ide dan ilmu yang kreatif ini sering rela berbagi dengan siapapun yang membutuhkan ilmunya, selain itu, dia juga selalu memperdalam dan memperbanyak ilmunya mengenai sisitem operasi sehingga tidak jarang seoarang hacker memiliki kemampuan melebihi pemegang perusahaan atau pemilik situs.

Sedangkan para Cracker akan selalu bersembunyi dan sangat pelit berbagi ilmu, dan dia selalu memiliki channel dalam IRC yang hanya bisa di akses oleh orang-orang tertentu. Selain itu, seorang Cracker juga memiliki IP address yang sangat sulit untuk dilacak.

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment