Blog

Perbedaan RAM & ROM

RAM & ROM adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai memori atau tempat penyimpanan. Meskipun keduanya sama-sama sebagai media penyimpanan tetapi RAM dan ROM memiliki beberappa perbedaan. Namun sebelum mengetahui perbedaan keduanya, alangkah baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian RAM dan ROM dibawah ini.

Pengertian RAM
RAM atau kepanjangan dari Random Acces Memory merupakan media penyimpanan data sementara pada rogram komputer yang masih aktif. RAM sendiri berfungsi sebagi otak dari jalanya sebuah komputer maupun pada Laptop atau Smartphone. Dimana RAM ini akan bekerja saat komputer sedang berjalan, sebagai memori sementara untuk melancarkan kinerja dari processor dalam membaca perintah. Oleh karena itu, RAM ini sangat penting dari perangkat lainnya karena sangat berpengaruh pada kinerja komputer.

Pengertian ROM
ROM atau kepanjangan dari Read Only Memory merupakan ruang atau tempat pada komputer yang berfungsi sebagi media penyimpanan file seperti music, gambar dan lain sebagainya.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa perbedaan antara RAM dan ROM :
1. Kapasitas
RAM biasanya memiliki kapasitas MB dan GB dengan kecepatan yang cukup tinggi, Selain itu, kapasitas RAM juga bisa ditingkatkan. Sedangkan kapasitas ROM tidak bisa ditingkatkan karena ROM diisi oleh pabrik yang membuatnya.

2. Keamanan Data Yang Disimpan
Data yang disimpan di dalam RAM sangat rentan hilang ketika komputer mati secara tiba-tiba atau di matikan, Karena di dalam proses penyimpanan RAM membutuhkan daya tambahan. Sedangkan data yang tersimpan didalam ROM tidak akan mudah hilang dan bersifat permanen karena ketika proses penyimpanan ROM tidak membutuhkan daya.

3. Jenis Produk
Jenis ROM sendiri meliputi PROM atau Programmable Read Only Memory yang di produksi sebagai memori kosong. Misalnya seperti CD-ROM, EPROM dan EEPROM. Pada PRO, pengisian datanya ditulis secara elektrik sedangkan pada EPROM bisa mempertahankan informasi dan data dalam waktu yang cukup lama. Selain itu pengisian EEPROM sendiri bisa di lakukan kapanpun tanpa harus menghapus isi dari EEPROM sebelumnya.

Sedangkan RAM mempunyai dua jenis yaitu DRAM dan SRAM. Dan jenis yang paling umum digunakan yaitu DRAM karena satu paket dengan hardware standart. Sementara untuk kecepatannya sendiri, SRAM bisa dibilang lebih cepat dari pada DRAM, Karena DRAM membutuhkan refresh ribuan kali. Biasanya kecepatannya DRAM mencapai 60 nonadetik sedangkan SRAM kecepatannya mencapai 10 nonadetik.

Itulah beberaa perbedaan dari RAM dan ROM, Walaupun keduanya sama-sama memori tetapi keduanya memiliki beberapa perbedaan yang sangat signifikan.

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment