Blog

Sejarah Asal-Usul Komputer

Nama komputer di ambil dari bahasa Inggris yaitu dari kata “To Computer” atau “Computare” yang dalam bahasa latin berarti Menghitung. Dengan brgitu, maka sudah jelas jika fungsi dari komputer yaitu sebagai mesin hitung. Tetapi kemudian, definisi komputer yang di buat oleh para ahli berbeda-beda dari satu sama lainnya, hal tersebut di karenakan mereka membuat definisi tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka.

Awal mula komputer sendiri yaitu berawal dari abacus atau sempoa yang memang sudah ada di China sejak abad VI SM dan kawasan Mediterania di masa Yunani dan Romawi kuno. Awalnya, abacus merupakan sebuah permukaan pasir, sabak lilin, atau batu lebar dengan symbol yang menunjukan posisi bilangan dari batu-batu kecil yang di gunakan untuk menghitung. Dan orang-orang romawi menyebut batu-batu kecil tersebut dengan sebutan calculus, sehingga dari situlah muncul istilah kalkulasi.

Lalu kemudian, perkembangannya sempat terhenti sampai pada akhirnya pada tahun 1623 Wihelm Shickard, teman astronom Johannes Kepler menemukan alat aklkulator mekanik pertama di Jerman. Setelah 19 tahun kemudian, seorang ilmuan dari Prancis yang bernama Blaise Pascal menemukan sebuah kalkulator otomatis delaan kolom digit yang baru satu-satunya alat yang bisa mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan. Dan baru 30 tahun kemudian, alat tersebut di kembangkan untuk dapat mengoperasikan pembagian dan perkalian oleh matematikus. Jerman Gottfriend Wihelm Von Leibniz (1646 – 1716) juga turut menyumbangkan sistem binari yang akhirnya menjadi peranan penting dalam pengembangan cara berfikir dan bahasa komputer.

Lalu pada tahun 1801, seorang penenun dari Prancis yang bernama Joseph Marie Jacquard (1752-1834) menemukan alat tenun Jacquard yang dapat bekerja sesuai dengan kode perintah berupa lubang-lubang yang terdapat di punched card. Dimana jarum tenun akan lolos jika mendapati lubang tapi tidak bisa mengaitkan benang jika permukaan kartunya rapat. Tidak disangka kemudian alat tersebut menginspirasi penemu dan matematikus dari Inggris yaitu Charles babbage (1792- 1871) untuk lebih mengembangkan komputer mekanis atau mesin analitis yang memiliki elemen dasar komputer otomatis. Tetapi sayangnya rencananya gagal karena tidak adanya onderdil yang sesuai dan ia juga tidak memiliki dana yang cukup.

Kemudian pada tahun 1930, seorang insinyur dari AS yang bernama Vannevar Bush menyumbangkan sebuah mesin untuk menyelesaikan persamaan differensial. Mesin tersebut di anggap sebagai komputer analog yang sudah cukup handal. Lalu 14 tahun kemudian, pertama kali komputer digital berhasil di rancang oleh Howard Aiken yaitu seorang professor di Harvant University, AS. Mesin tersebut di beri nama Mark I, yang bisa melakukan tiga penjumlahan per detik.

Selang dua tahun kemudian, University Of Pennsylvania juga tidak mau kalah, kedua insinyurnya yang bernama J.Presper Eckert JR dan John William Mauchlay menciptakan sebuah komputer digital elektronik atau Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). Mesin tersebut memiliki berat lebih dari 27 ton dan membutuhkan ruangan 140 meter persegi. Sementara untuk mengoperasikannya sendiri mrmbutuhkan aliran listrik sekitar 150 Kilowatt atau setara dengan pasokan listrik untuk satu komppleks kecil berisi sekitar 65 unit rumah menengah. Bahkan komputer yang setara dengan satu rumah ini 1000 kali jauh lebih cepat dari pada Mark I. Dimana mesin ini dapat melakukan 5000 penjumlahan dan 1000 perkalian perdetik.

Kemudian Eckert dan Muchlay menjalin kerja sama dengan matematikus Amerika kelahiran Hungaria yang bernama John Von Neuman. Dan hasilnya, pada tahun 1951 mereka merancang Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), yang mempengaruhi desain komputer generasi selanjutnya. Dan di tahun yang sama, mereka juga membangun komputer yang lebih canggih yang bernama Universal Automatic Computer (UNIVAC), dan di daulat sebagai komputer komersil pertama.

Berkat penemuan transistor pada tahun 1947 itulah, lalu kemudian muncul komputer yang semuanya bertransistor karya insinyur Amerika yang bernama Seymour Cray pada tahun 1958. Akan tetapi penemuan Integrated Circuit (IC) tahun 1960an menyebabkan revolusi dari kapasitas kerja dan ukurannya. Karena dapat menyimpan ribuan transistor dalam chip silicon yang sangat kecil, IC sangat memungkinkan bentuk komputer menjadi lebih ringkas dengan main frame berkecepatan tinggi dan memiliki kapasitas memori yang cukup besar. Sementara, para pembuat mikroprosessor, mereka berlomba-lomba untuk memasuki kecepatan pemroses dalam giga (GHz). Seperti Athlon dari AMD, Pentium III dan Pentium IV.

Dalam perkembangan komputer, semakin erat hubungannya dengan kehidupan manusia saat di temukan komputer pribadi (PC) buatan Altair (1975). Kemudian pada tahun 1997, saat dua pelajar Amerika yang bernama Steven P.Jobs dan Stephen G. Wozniak, mendirikan Apple Computer Company dan baru muncullah PC Apple II dengan harga yang cukup terjangkau.

Dan kemudian Personal Computer (PC) berkembang sampai saat ini. Saat ini telah banyak berbagai macam program yang mengikutinya, di tambah lagi dengan di temukannya program yang berbasis windows sehingga lebih memudahkan para pengguna komputer untuk mengoperasikannya.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : Jual Beli Komputer Bekas, Jual Komputer Bekas Warnet, Jual Laptop Bekas Murah, Jual Beli Komputer Bekas Jakarta, CPU Bekas

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment