Blog

Tips cara merawat komputer & laptop supaya tahan lama/awet

Saat ini, laptop maupun komputer sudah menjadi sebuah barang elektronik yang wajib dimiliki oleh setiap orang, karena mengingat kedua barang elektronik tersebut merupakan salah satu sumber teknologi dan informasi bagi semua orang. Dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi tersebut maka akan dapat mempermudah orang untuk melakukan pekerjaannya. Dengan komputer maupun laptop anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas seerti membuat tulisan atau artikel, mengakses jaringan internet, berjualan atau promosi, dan masih banyak lainnya.

Sama dengan barang-barang lainnya, Komputer & Laptop juga membutuhkan perawatan agar keduanya bisa bertahan lama dan awet di gunakan sehari-hari.

Berikut di bawah ini adalah tips merawat laptop agar awet & tahan lama :

1.Jangan sering-sering menggunakan laptop untuk bermain game yang berat

Jangan terlalu sering menggunakan laptop kesayangan anda untuk bermain game yang berat, karena bermain game dalam waktu yang lama akan menyebabkan beberapa komponen yang ada di dalam laptop mengalami overheat, Selain itu juga akan menyebabkan baterai laptop anda bocor.

2. Jangan Menggunakan Laptop di atas Kasur

Menggunakan laptop di atas kasur memang akan terasa lebih nyaman. Tetapi tahukah anda, bahwa menggunakan laptop di atas kasur akan menimbulkan panas yang ada di dalam laptop tidak bisa keluar sempurnya sehingga akan menyebabkan laptop anda overheat.

3. Jauhkan Laptop dari Makanan & Minuman

Sebaiknya anda menjauhkan apapun jenis makanan atau minuman dari laptop anda, karena bisa saja maknana dan minuman yang berada di dekat laptop anda secara tidak sengaja tumah atau jatuh ke laptop dan akan menyebabkan kerusakan pada hardware yang ada di dalamnya. Untuk mengantisipasi resiko masuknya cairan dan sisa makanan pada celah-celah keyboard laptop, maka sebaiknya saya sarankan untuk memberi keyboard protector pada laptop anda.

4. Jangan Meletakkan Barang Berat di atas Laptop

Hal ini sering di anggap sepele oleh para ppemilik laptop, adahal kebiasaan ini akan berakibat fatal. Karena kemungkinan akan mengakibatkan kerusakan ada layar laptop anda dan sekaligus komponen lainnya.

5. Bersihkan Laptop secara Rutin

Membersihkan laptop juga sangat penting. Bersihkan laptop anda dengan kain utih bersih agar bebas debu dan kuman penyakit yang bisa menimblkan kerusakan ada laptop.

6. Bersihkan Optical Drive Laptop Anda

Tahukah anda, bahwa Optical Drive/DVD ROM laptop juga sangat rawan terhadap debu-debu. Karena dapat menyebabkan proses pembacaan data dari CD/DVD terganggu. Maka sebaiknya bersihkan debu-debu yang menempel pada laptop anda secara rutin. Dan juga berhati-hatilah saat memasukan CD/DVD pada optical drive karena lensa optic pada optical drive juga sangat rawan kerusakan.

7. Jauhkan Laptop dari Sinar Matahari

Karena Laptop yang terkena sinar matahari secara langsung akan menyebabkan beberapa komponen yang ada di dalam laptop mengalami kerusakan akibat panas dari sinar matahari secara langsung.

8. Jangan Sembarangan Mengunduh Software dari Internet

Mengunduh software sembarangan melalui internet dapat memperbesar kemungkinan laptop anda terkena serangan virus. Maka untuk mengantisipasinya yaitu dengan menginstal Antivirus pada laptop anda dan juga lebih berhati-hati ketika mengunduh apapun dari internet.

9. Jauhkan Laptop dari getaran elektromagnetik

Sebaiknya anda menjauhkan laptop kesayangan anda dari alat-alat yang menimbulkan getaran elektromagnetik seperti alat pengeras suara, lounspeaker, mesin, handphone, dan sumber getaran lainnya. Dan jangan menggunakan handphone di dekat laptop, karena medan magnet yang ada di handphone akan membuat sound laptop menjadi tidak berfungsi atau suaranya pecah.

10. Periksa Suhu Laptop

Seringkali pemilik laptop mengabaikan suhu laptop mereka, Padahal suhu laptop yang terlalu tinggi juga merupakan salah satu penyebab laptop mengalami overheat.

11. Rawatlah baterai laptop secara teratur.

Jika anda ingin menggunakan laptop untuk waktu yang lama maka sebaiknya baterai laptop diisi penuh terlebih dahulu dengan tidak menggunakannya. Jika sudah penuh kemudian cabut chargernya dan gunakan sampai baterai sisa sedikit lagi. Selain itu juga selalu jaga surkulasi udara, karena jika tidak terjadi sirkulasi udara yang lancar maka akan menyebabkan laptop anda mengalami overheat.

12. Jangan Terlalu Boros menggunakan Software.

Mendownload software yang terlalu besar, padahal kapasitas disk sudah tidak mencukupi akan menyebabkan laptop anda Ngeblank sistem operasi dan patah-patah. Maka, jika ingin menginstal software sebaiknya sesuai kebutuhan anda saja.

Dan berikut di bawah ini adalah tips merawat Komputer agar awet & tahan lama :

1. Bersihkan CPU Komputer secara rutin

Bersihkan PC computer secara teratur dalam 6 bulan sekali, karena jika CPU anda terdapat banyak kotoran debu maka akan menyebabkan resiko kerusakan semakin tinggi, terutama pada temperature atau suhu komputer anda. Anda bisa membersihkannya dengan cara membuka casing PC lalu kemudian bersihkan debu yang menempel pada mothearboard peripheral yang lain dengan menggunakan sikat halus atau kuas kecil.

2. Janganlah Memakai Internet Saat Hujan Lebat

Mengingat koneksi internet sangat berpengaruh pada keadaan cuaca maka Memakai Internet saat hujan lebat dapat menyebabkan jaringan komputer anda akan tersambar petir dan juga akan beresiko pada komputer anda.

3.Aktifkan Sistem Restore Komputer

Mengaktifkan sistem restore juga memiliki pengaruh terhadap komputer anda agar tidah ceppat rusak. Anda bisa mengaktifkannya dengan cara click kanan ppada icon my desktop komputer, kemudian klik properties tab sistem restore dan cari tulisan turn off sistem restore on all drives, lalu selanjutnya menghilangna sinyal centang di bagian samping kiri tulisan tersebut.

4. Matikan Computer Dengan Benar

Matikan komputer dengan cara yang benar, jangan pernah mematikan komuter dengan cara langsung mencabut kontak listrik pada computer. Gunakan tombol shutdown untuk mematikan komputer dan pakai stavolt untuk menghindari mati listrik mendadak.

Setelah menggunakan komputer dengan waktu yang lama, maka sebaiknya restart komputer anda terlebih dahulu, supaya semua sistem yang ada di dalam komputer kembali normal. Karena jika komputer terlalu lama di gunakan maka akan menyebabkan sistem komputer melemah.

5. Uninstal Program Yang Tidak Pernah Dipakai

Uninstal Program komputer yang tidak di pakai akan memperceppat kinerja komputer anda, karena ruangan hardisk yang terlalu banyak akan memperlambat sistem read/write hardisk yang tentunya akan menyebabkan beban kerjanya semakin berat dan tentunya membuat hardisk anda akan cepat rusak.

6. Perhatikan Ventilasi & Pendingin Komputer

Sebagian pemilik komputer banyak yang tidak menyadari bahwa ventilasi yang kurang baik juga dapat menyebabkan komponen komputer akan cepat panas sehingga bisa di pastikan usia komponen tersebut tidak bertahan lama. Maka sebaiknya letakkan komputer anda minimal 40Cm dari dinding. Lebih baik lagi jika anda memasang AC di dalam ruangan tersebut dan memakai cooling fan extra di dalam CPU.

7. Gunakan Kabel Ground

Jika casing computer anda di sentuh terdaat aliran listriknya, maka gunakan kabel dengan panjang yang cukup untuk mengatasinya. Caranya yaitu dengan mengaitkan ujung satu dengan bagian CPU (pada casing), sedangkan ujung yang lainnya di tanam di dalam tanah. Hal tersebut dapat menetralisir arus listrik yang nyasar keluar sehingga dapat membuat komponen elektronk akan leih tahan lama.

Dengan tips-tips yang kami tulis di atas, semoga bisa membuat Laptop dan Komputer anda lebih awet tahan lama.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : Jual PC Bekas, Jual Beli Komputer Bekas, Jual Laptop Second, Jual Laptop Bekas Murah Jakarta, Jual Beli Komputer

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment