Blog

Tips Membeli Baterai Laptop

Sekarang ini, sebuah laptop memang sebuah perangkat hampir dimiliki oleh semua orang, sehingga teknologinya juga semakin berkembang, mulai dari segi hardware, software maupun perangkat pendukung lainnya. Dengan kebutuhan akses terhadap informasi yang tinggi sehingga membuat seseorang yang memiliki mobilitas tinggi harus memiliki perangkat yang memiliki daya baterai yang bisa bertahan lama. Karena jika tidak memiliki daya tahan baterai yang cukup lama maka akan membuat latop harus sering di charge. Dan jika terlalu sering di charge maka akan menyebabkan daya tahan baterai semakin menurun atau bisa menyebabkan baterai rusak dan harus diganti baru.

Dan berikut dibawah ini adalah beberapa tips dalam memilih baterai untuk laptop :
1. Mengenali Jenis Baterai Laptop
Pastikan terlebih dahulu jenis baterai pada laptop anda, karena jenis baterai laptop ada beberapa jenis, tetapi sekarang ini jenis baterai yang paling banyak digunakan adalah Li-Ion yang merupakan generasi penerus dari NICD atau NIMH yang memiliki berbagai kelebihan dari segi ketahanannya. Sedangkan untuk laptop terbaru biasanya sudah menggunakan baterai Li-Po atau Lithium Polymer yang memiliki kelebihan dari pada baterai Li-Ion yaitu tahan terhadap overcharge atau kelebihan pengisian daya, sehingga sangat cocok bagi anda yang sering lupa mencabut charger ketika baterai sudah penuh. Sementara untuk mengetahui jenis baterai yang digunakan laptop anda, anda bisa mencopot baterai dan melihatnya di bagian belakang baterai atau bagian dalam baterai. Dan untuk membeli baterai yang baru anda harus mencocokkan type dan code baterai tersebut supaya compatible dengan laptop anda.

2. Mengenali Type Baterai
Biasanya, beda type laptop, berbeda juga type baterai atau code baterainya. Meskipun hanya berbeda warna saja, code baterai akan berbeda meskipun fisiknya sama.

3. Macam-macam Baterai
Anda juga harus mengetahui macam-macam baterai yang ada, Ada baterai original OEM, KW1, KW2 dan lainnya. Baterai original biasanya hanya dijual di service center atau vendor resmi produsennya. Baterai OEM adalah baterai yang memiliki kualitas yang sama dengan original tetai dibuat oleh vendor lain atas lisensi produsennya.Sedangkan baterai KW1 dan KW2 sendiri merupakan baterai replika atau tiruan yang diproduksi oleh pabrikan diluar lisensi dari produsen aslinya.

4. Kualitas
Anda tidak perlu khawatir jika terpaksa harus membeli baterai OEM, Meskipun harganya lebih murah dari originalnya tetapi baterai OEM memiliki kualitas yang sama seperti Originalnya hanya saja diproduksi oleh vendor yang berbeda. Biasanya baterai OEM Li-Ion bisa bertahan hingga 400 kali charging full. Jadi jika anda mencharge baterai anda setiap hari maka diperkirakan usia baterai anda bisa bertahan sekitar 1 hingga 1,5 tahun.

5. Compatible Baterai
Terdapat beberapa type laptop yang baterainya sangat mirip dengan latop type lain. Contohnya seprti laptop lama yang hanya memiliki 3 cell baterai bisa diganti dengan compatible baterai yang memiliki 6 cell baterai. Hanya saja bentuk dan ukurannya sangat berbeda karena ada penambahan 3 cell. Namun anda tidak perlu khawatir karena penambahan jumlah cell hanya menambah daya tahan baterainya saja tanpa mengubah voltase maupun setingan lainnya.

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment