Blog

Tips Membeli Komputer & Laptop Bekas

Pada sekarang ini, Komputer maupun Laptop memang merupakan sebuah alat elektronik yang banyak di butuhkan oleh orang-orang bahkan sudah menjadi kewajiban seseorang untuk memilikinya. Mengingat dengan adanya kedua alat elektronik tersebut dapat membantu meringankan pekerjaan seseorang yang menggunakannya. Kebanyakan yang membutuhkan kedua alat elektronik tersebut adalah pekerja kantoran, pelajar, pengusaha dan juga para mahasiswa karena pekerjaan mereka sangat berkaitan erat dengan kedua alat elektronik tersebut. Bahkan dengan kemajuan zaman saat ini, boleh di katakana zamannya kedua alat elektronik tersebut karena kegiatan apapun juga bisa di lakukan dengan kedua alat elektronik tersebut.

Sementara bagi para mahasiswa maupun para pelajar yang mempunyai budget pas-pasan, mungkin bisa mempertimbangkan untuk membeli Komputer & Laptop bekas. Alasannya karena lebih murah & lebih menghemat biaya yang bisa di gunakan untuk keperluan lainnya.

Sebetulnya komputer & laptop bekas (second) itu tidak semuanya jelek. Bahkan jika sedang hoki, anda juga bisa mendapatkan kedua barang bekas tersebut masih dalam kondisi cukup bagus dengan harga yang sangat terjangkau.

Berikut dibawah ini adalah sedikit tips jika ingin membeli komputer maupun laptop bekas :

1. Jangan Pernah Membeli Laptop Bekas Online

Hindari membeli laptop bekas secara online, Karena anda tidak akan bisa memeriksa laptop yang ingin anda beli. Tidak jarang yang tertipu oleh para penjual nakal yang berkata ini itu, padahan setelah sampai di tangan pembeli laptop yang mereka beli ternyata rusak atau bahkan mati total.

2. Cek Harga Pasaran Laptop Bekas

Saat anda ingin membeli laptop bekas, anda terlebih dahulu harus mengetahui harga pasaran laptop bekas tersebut. Anda bisa mencari informasi melalui tempat jual beli online terpercaya yang menjual barang-barang bekas atau bisa juga mencari tau lewat situs review harga laptop terbaru. Dengan mengetahui harga pasaran jenis laptop yang akan anda beli, maka anda akan lebih mudah untuk mendapatkan harga terbaik untuk laptop bekas tersebut. Bahkan jika beruntung anda juga bisa mendapatkannya dengan harga yang sangat murah.

3. Mengetahui Lama Penggunaan

Komputer & Laptop merupakan sebuah barang elektronik. Jika semakin lama penggunaannya maka akan mempengaruhi kualitas perangkat yang ada di dalam laptop tersebut. Bagi anda yang ingin membeli laptop bekas, di sarankan untuk memilih laptop yang masih berumur kurang dari satu tahun. Karena sebuah barang elektronik memiliki ketahanan kurang lebih satu tahun. Dan jika melebihi satu tahun maka kemungkinan laptop bekas tersebut sudah pernah mengalami pergantian hardware atau perbaikan perangkat lainnya.

4. Periksa Kelengkapan

Dalam membeli laptop bekas juga janganlah asal membeli. Anda harus memeriksa terlebih dahulu kelengkapannya, seperti Dos, Tas Laptop, Nota pembelian, Kartu Garansi, CD/DVD driver, charger, baterai dan lainnya. Karena kelengkapan tersebut akan berpengaruh pada kualitas nilai. Semakin lengkap laptop bekas yang anda miliki maka akan semakin baik nilai laptop yang anda beli. Selain itu, laptop bekas yang memiliki dos dan juga nota pembelian juga bisa menandakan bahwa laptop tersebut bukanlah laptop curian.

Keuntungan lain jika anda membeli laptop bekas yang masih lengkap adalah jika suatu saat anda membutuhkan uang atau ingin mengganti laptop bekas anda, anda juga bisa menjualnya lagi dengan harga yang tinggi.

5. Periksa Spesifikasi Laptop Bekas Anda

Supaya anda tidak tertipu oleh para penjual yang lebih pintar, sebaiknya anda terlebih dahulu memeriksa spesifikasi laptop anda. Yaitu dengan cara memeriksa spesifikasi laptop tersebut secara online, sesuai dengan nomor dan jenis laptop yang akan anda beli.

6. Periksa Kondisi Segel di Laptop

Hal yang aling sering di luppakan oleh para pembeli barang bekas adalah mengenai Segel Laptop. Segel Laptop pada umumnya tertempet di bagian bawah dengan menutupi baut laptop. Hal tersebut biasanya akan di berikan oleh pihak distributor atau penjual laptop resmi untuk mengetahui apahah pembeli membongkar sendiri laptopnya atau tidak. Selain itu, dengan segel yang masih utuh tersebut juga akan memberikan jaminan tersendiri pada laptop bekas tersebut bahwa laptopnya belum pernah rusak atau di servis. Tetapi jika segelnya sudah terkelupas atau di tutupi dengan segel yang lain maka sebaiknya anda berfikir ulang untuk membeli laptop bekas tersebut.

7. Periksa Bodi Case Laptop

Perhatikan Case Laptop bekas yang akan anda beli, jika casenya hanya lecet di karenakan lamanya pemakaian penjualnya itu bukanlah masalah. Tetapi jika terdapat retak terutama pada bagian bawah case laptop maka sebaiknya anda berfikir ulang untuk membelinya. Karena Case Laptop yang retak menunjukan bahwa laptop tersebut pernah terjatuh atau terinjak dan jika yang retak di bagian bawah maka kemungkinan jika hardware yang berada di dalamnya juga ikut retak, sehingga tidak akan bertahan lama dan nantinya anda akan menggeluarkan uang lagi untuk mengganti hardware yang rusak.

8. Periksa Kondisi Charger dan Baterai Laptop

Alasan orang untuk memilih Laptop di bandingkan Komputer karena Laptop penggunaannya bisa kapanpun dan dimanapun. Untuk itulah sangat penting memeriksa kondisi charger dan baterai laptop yang akan anda beli.
Anda bisa mengetahuinya dengan cara menghidukan latop tersebut tanpa kabel atau charger. Dan untuk pengecekan selanjutnya, anda bisa melakukan pengecekan charger laptop bekas dengan memasangkannya pada laptop tersebut. Perhatikan apakah baterai laptop terisi dengan normal atau tidak dengan charger laptop tersebut.

9. Periksa Kondisi Layar Laptop

Kondisi layar biasanya dapat menipu pembeli yang kurang jeli dalam memeriksanya. Kita harus memeriksa apakah kondisi layar buram, ada bintik-bintik, ada dead pixel, dan lain-lain. Ada dua cara untuk memeriksa layar laptop. Yang pertama untuk memeriksa bintik-bintik atau dead pixel pada layar. Ganti background desktop laptop dengan warna hitam. Jika ada, maka nanti akan terlihat bintik-bintik warna putih di layar anda.

Kedua adalah dengan cara melakukan buka tutup layar disaat kondisi laptop sedang menyala. Ini dilakukan untuk mengecek kabel flexible laptop. Jika tidak terjadi kedipan atau goyangan pada layar. Berarti laptop aman untuk dibeli dan silahkan lanjut ke tips berikutnya.

10. Periksa Tombol Keyboard

Keyboard merupakan komponen yang sangat penting pada laptop, karena digunakan untuk segala aktifitas di laptop, contoh umumnya yaitu keyboard di gunakan untuk mengetik. Untuk itu, sebaiknya anda harus memeriksanya dengan mengetik dan mencoba seluruh tombol yang ada pada notepad atau Ms Word. Dengan cara itulah anda bisa mengetahui kondisi keyboard laptop tersebut, apakah berfungsi semua atau tidak.

11. Periksa Touch Pad Laptop

Selain keyboard, Touch Pad atau mouse sentuh ppada laptop juga merupakan sebuah komponen yang tidak kalah penting. Touch pad biasanya di gunakan untuk mengoperasikan pointer, berpindah dari jendela satu ke yang lain dengan mudah. Maka sebaiknya periksa terlebih dahulu touch pad laptop bekas yang akan anda beli dan mencobanya. Pastikan bahwa semuanya berjalan dengan lancar, karena touch pad yang seret akan membuat lari-lari sendiri pointer. Atau bahkan touch pad pada laptop tersebut tidak berfungsi sama sekali.

12. Periksa Kondisi Hardisk

Hardisk pada laptop berfungsi untuk menyimpan data-data. Jadi sangatlah penting untuk mengetahui apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah lemah, Karena hardisk ini merupakan sebuah komponen yang rawan terjadi kerusakan.

Untuk memeriksa hardisk tersebut apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah lemah yaitu dengan melakukan copy paste antar folder atau antar partisi di laptop tersebut. Jika proses transfer data sangat lambat maka hal tersebut menandakan bahwa hardisk memiliki masalah.

13. Periksa CD/DVD Drive Laptop

CD/DVD Drive juga merupakan komponen yang sangat penting pada laptop, terutama untuk menginstall driver atau program-program anda yang ada di CD maupun DVD. Untuk itulah sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah CD/DVD Drive masih berfungsi dengan baik. Untuk memastikannya, yaitu dengan cara memburning sebuah data kedalam piringan CD aatau DVD. Jika hasilnya bagus maka alat penulis drive pada laptop tersebut masih bekerja dengan baik.

14. Periksa Speaker dan Port Sound Laptop

Komponen lain yang tidak kalah pentingnya adalah Speaker dan Port Sound Laptop, khususnya bagi anda yang suka mendengarkan music atau memutar film di laptop anda. Untuk memastikan bahwa Speaker Laptopp masih berfungsi, anda harus memutar sebuah lagu atau film di laptop tersebut. Sedangkan untuk memastikan bahwa port sound masih normal atau tidak, anda harus mencolokkan headset atau speaker ke port tersebut, kalau masih berbunyi maka port tersebut masih berfungsi atau sebaliknya.

15. Periksa RAM Laptop

Ram laptop juga sangat penting untuk kestabilan laptop anda kedepan, Jika Ram laptop anda bermasalah dan mati maka akan membuat laptop anda menjadi blank atau tidak ada tampilan sama sekali. Untuk memastikan kesehatan RAM laptop anda, anda bisa menggunakan program bantuan seperti memtest86+.

16. Periksa dengan Menggunakannya untuk Program Berat

Tips yang terakhir adalah mengetahui performa atau kinerja laptop anda. Apakah masih bagus atau sebaliknya, untuk memastikannya yaitu dengan cara menjalankan program berat yang dapat menguras kinerja laptop anda. Seperti mencoba permainan game 3Dimensi. Lakukan hal tersebut setidaknya dalam jangka waktu 30 menit kedepan. Jika laptop anda tetap hidup dan stabil maka laptop anda masih dalam keadaan baik. Jangan lupa juga untuk memeriksa bagian bawah casing, jika suhu panasnya berlebihan atau bahkan tercium bau gosong maka berfikirlah kembali untuk membeli laptop tersebut.

Dari 16 Tips di atas, maka anda dapat mengetahui apakah layak atau tidak laptop bekas tersebut untuk anda beli. Membeli Laptop bekas memang sedikit berbeda dengan membeli laptop baru di toko, untuk mendapatkan laptop bekas yang berkualitas maka membutuhkan kesabaran serta ketelitian yang extra.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : Toko Komputer Bekas, Terima Komputer Bekas, Jual Komputer Bekas Jakarta, Jual Komputer Bekas, Jual Beli Komputer Bekas

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment