Blog

Tips Memilih Laptop Untuk Gaming

Pada zaman yang semakin modern ini, banyak sekali orang-orang yang menggunakan laptopnya untuk bermain game dan merk laptop yang mereka gunakan juga cukup beragam. Laptop untuk bermain game biasanya memiliki spesifikasi yang cukup mahal & tentunya harganya juga tidak murah. Tetapi tidak sedikit juga yang berpendapat bahwa untuk soal game, lebih baik menggunakan PC daripada Laptop. Karena PC mempunyai keunggulan untuk bermain game. Misalnya PC mempunyai daya tahan yang lebih lama dan mampu digunakan berhari-hari untuk bermain game.

Sebenarnya, laptop juga bisa hidup berhari-hari, tetapi hanya saja kondisinya tidak akan mendukung. Karena laptop yang dihidupkan selama satu hari penuh otomatis akan membuat laptop tersebut panas dan tentunya berpengaruh ada kondisi hardware.

Alasan orang-orang menggunakan laptop untuk bermain game khususnya para remaja karena laptop lebih simple, efisien dan mudah digunakan dimana saja. Sehingga dapat bermain game di manapun & kapanpun. Dan untuk memiliki laptop gaming yang tepat dengan harga yang terjangkau, berikut dibawah ini adalah beberapa tipsnya :

1. Perhatikan seri chipset VGA

Tips yang pertama yaitu anda harus memperhatikan seri chipset VGA bukan dari besarnya memory VGA atau VRAM. Karena berbeda dengan soal desain grafis yang membutuhkan VRAM, tapi untuk soal gaming VRAM tidak terlalu dibutuhkan.

Supaya lebih mudah dalam memilih VGA yang sesuai untuk gaming, maka perhatikan seri chipsetnya. Misalkan NVIDIA GeForce GT 720M, Dan cara membacanya yaitu sebagai berikut :
– Pada digit pertama yaitu menunjukkan generasinya, artinya VGA tersebut generasi ketujuh
– Sementara digit kedua dan ketiga menunjukkan tingkatan kelas atau kinerjanya, semakin tinggi angkanya maka akan semakin bagus kinerja VGA tersebut.
-Dan yang paling penting yaitu pada digit kedua dan ketika, Contohnya Nividia GeForce GT 720M memiliki kinerja dibawah Nividia GeForce GT 635M namun GT 635 memiliki teknologi yang lebih canggih karena generasinya lebih baru.

Seri chipset VGA di atas merupakan contoh dari seri chipset VGA versi mobile, bukan versi dekstop.

2. Pentingnya peran processor

Ketika akan membeli laptop untuk gaming, banyak orang yang lebih memperioritaskan VGA daripada Processor. Kebanyakan mereka hanya lebih cenderung memilih VGA yang memiliki performa cukup baik tetapi tidak diimbangi dengan processor yang bagus. Hal tersebut memang tidak salah, tapi perlu anda ketahui bahwa peran processor sangatlah penting untuk melakukan gaming, karena processor adalah otak dari laptop laptop tersebut dan semua proses gaming akan diolah oleh processor ini.

Bukan hanya itu saja, Banyaknya inti/ core yang dimiliki oleh processor juga dapat memperingan proses rendering yang dilakukan oleh VGA. Sehingga disarankan untuk memilih laptop dengan processor non ULV, karena processor seri ULV kurang bagus untuk gaming.

3. Perhatikan kapasitas RAM

Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki laptop maka akan semakin lancar juga proses multitaskingnya. Maka janganlah terlalu menyibukkan dengan clock speed RAM karena rata-rata game saat ini lebih mengutamakan kapasitas RAM daripada clock speed RAM.

4. Perhatikan kapasitas hard disk

Jika akan membeli laptop gaming, anda harus memastikan bahwa kapasitas dari hard disk tersebut yaitu minimal 500GB. Tetapi jika anda tidak memiliki budget yang mencukupi, anda juga bisa mengupradenya menjadi semakin besar lagi kapasitasnya. Tahukah anda bahwa dengan mengupgrade hard disk bukan hanya untuk memperbesar kapasitas penyimanan saja tetapu juga dapat meningkatkan performa dari laptop tersebut.

5. Pilih laptop yang komponennya mudah diupgrade

Jika akan membeli laptop gaming, sebaiknya anda memilih komonen laptop yang mudah di upgrade seperti RAM dan Hard Disk. Karena tidak semua komponen yang ada di dalam laptop dapat di upgrade.
Dengan mengupgrade komponen laptop, maka akan dapat meningkatkan performa pada laptop tersebut. Dan komponen utama yang harus di upgrade adalah RAM dan hard disk.

6. Perhatikan ukuran layar laptop

Jika ingin membeli laptop untuk game, sebaiknya memilih laptop yang memiliki layar dengan ukuran yang sesuai atau ukuran 14″ juga sudah cukup atau jika masih kurang anda bisa memilih ukuran 15″ – 17″. Karea ukuran layar merupakan indicator kenyamanan dalam bermain game.

7. Perhatikan garansi laptop

Setiap toko elektronik memiliki cara yang berbeda-beda dalam memberikan garansi kepada para konsumennya. Umumnya lama garansi laptop yaitu 1 tahun & semakin lama maka akan semakin bagus. Maka tidak ada salahnya jika mempertimbangkan garansi laptop jika suatu saat terjadi kerusakan pada hardware.

Dengan beberapa tips diatas, semoga anda lebih bijak lagi dalam memilih laptop untuk gaming karena menggingat saat ini telah banyak laptop yang beredar dengan harga dan spesifikasi yang bervariasi.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : Jual Komputer Bekas Jakarta, Toko Komputer Bekas, Jual Beli Laptop Bekas Jakarta, Jual Komputer Bekas, Jual Beli Komputer Bekas

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment