Blog

Tips Memilih Spesifikasi Komputer

Sekarang ini, komputer sangat erat kaitannya dengan kegiatan sehari-hari, mulai dari pendidikan, organisasi hingga pekerjaan, dimana semuanya menggunakan komputer. Sistem komputer sendiri merupakan kumpulan dari beberapa komponen-komponen yang tersusun untuk melakukan tujuan tertentu. Untuk itulah, memilih komputer rakitan adalah alasan yang tepat, selain lebih memuaskan dalam pemilihan spesifikasi komuter yang kita inginkan, komputer rakitan juga mampu memenuhi kebutuhan kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Dan berikut di bawah ini merupakan beberapa komponen utama dalam perakitan sebuah komputer :

1. Motherboard
2. Processor
3. Memory
4. Harddisk
5. Power supply
6. Monitor

Sedangkan, berikut di bawah ini adalah beberapa komponen pendukung dalam merakit sebuah komputer :
1. VGA, Sangat penting, terutama jika digunakan untuk komputer gamers
2. Heatsink
3. Casing PC
4. Keyboard and Mouse
5. Speaker

Dan berikut dibawah ini merupakan beberapa tips tentang pemilihan komputer atau perangkat dalam melakukan perakitan komputer yang baik dan benar :
1.Motherboard
Motherboard merupakan komponen utama dalam sebuah komputer karena semua komponen/ perangkat komputer akan berada dalam motherboard. Dalam pemilihan motherboard diusahakan memilih motherboard yang berkualitas tinggi karena motherboard sangat berpengaruh pada proses kerja komputer sera komponen-komponen yang berada pada motherboard itu sendiri. Biasanya, Motherboard yang baik harganya relatif mahal, karean motherboard memiliki komponen yang disebut chipset dan fungsinya untuk mengatur lalu lintas data ketika komputer tersebut di gunakan. Semakin besar nilai chipset yang terdapat pada motherbord semakin tinggi kualitas motherboard tersebut.

2.Processor
Processor merupakan otak dari sebuah komputer, karena di dalam komponen ini, semua proses atau perintah akan di eksekusi atau di jalankan sesuai dengan sistem operasi yang telah di pilih. Sementara, sisitem operasi yang sering kita jumpai yaitu terdapat dua jenis yaitu Intel dan AMD. Intel sendiri memiliki keunggulan tersendiri jika di bandingkan dengan AMD.
Intel sangat cocok digunakan untuk programing yang menjalankan lebih dari satu aplikasi yang di jalankan, sedangkan AMD sangat cocok digunakan untuk gaming, karena AMD lebih unggul pada saat melakukan satu pekerjaan. Sementara untuk pemilihan processor, sebaiknya menyesuaikan dengan kemampuan motherboard sehingga pada saat di jalankan processor dapat berjalan dengan baik.

3.Memory
Memory merupakan untuk menyimpan program dan data sementara dari proses yang dijalankan oleh sistem operasi. Jika kapasitas memori semakin besar maka alokasi penyimpanan data sementara juga akan semakin besar dan tentunya sangat berpengaruh pada kinerja komputer. Selain itu, jumlah memori juga sangat berpengaruh dalam proses jalannya program. 2 buah memori akan lebih baik dari pada 1 buah memori, hal tersebut dikarenakan pemrosesan atau penyimpanan data sementara bisa di bagi pada kedua memori tersebut sehingga dalam proses penyimpanan data sementara akan berjalan lebih cepat dari pada menggunakan 1 buah memory.

4.Harddisk
Harddisk merupakan tempat penyimpanan data pada komputer. Maka dari itu, dalam memilih harddisk, sebaiknya untuk memilih harddisk yang mempunyai cache yang lebih besar, hal tersebut bertujuan untuk mempercepat proses transfer data. Selain itu kapasitas penyimpanannya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan supaya ruang penyimpanan dapat dioptimalkan.

5.Power Supply
Power Supply merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung ke beberapa komponen atau perangkat komputer seperti motherboard, harddisk, kipas (heatsink), DVD Room, dan yang lain. Selain itu power supply atau adaptor juga berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi arus DC yang mensuport tegangan pada setia komponen komputer. Power Supply yang berdaya besar menjadi sangat penting ketika daya yang di butuhkan oleh komponen komputer yang memiliki daya tegangan yang besar. Tegangan pada power supply sendiri sangat berpengaruh pada performa dari komponen-komponen komputer, Jika daya tegangan power supply kurang besar maka akan membuat performa dari komponen komputer menjadi lemah atau bahkan bisa mengakibatkan komponen komputer mati.

6.Monitor
Monitor merupakan komponen yang bisa menampakkan gambar, baik itu diam ataupun bergerak, yang dijalankan atau di proses oleh kode grafik. Jenis monitor sendiri ada 4 jenis, yaitu monitor monokrom, monitor warna, monitor segerak berbilang dan monitor LED. Kualitas monitor tergantung dari beberapa faktor terutama pada bilangan pixel yang di paparkan oleh screennya, jika lebih banyak pixelnya maka juga akan lebih tajam teks dan grafik yang di tampilkan.

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment