Blog

Tips Memperbaiki Kerusakan Pada Mouse Wireless

Mouse merupakan sebuah perangkat perangkat keras komputer adatu hardware yang berfungsi sebagai input device. Yaitu digunakan sebagai pointer atau penunjuk, serta mempunyai beberapa fungsi lain yang penting misalnya klik kanan, klik kiri dan juga scrool layar ke atas dan kebawah.
Namun seringkali Mouse wireless yang anda gunakan tidak berfungsi dengan baik, tidak bisa di gerakkan, tombol dan scrool tidak berfungsi. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh berbagai faktor yang terkait dengan software maupun hardware komputer yang bermasalah.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa penyebab dan juga cara memperbaiki mouse wireless yang bermasalah :
1. Koneksi bermasalah
Jika mouse wireless mengalami masalah loose connection atau cursor tidak merespon gerakan mouse maka yang harus di lakukan yaitu memeriksa koneksi wireless mouse yang tertancap ada port usb komputer atau laptop. Karena bisa saja wireless mouse receiver tidak terpasang dengan baik. Dan untuk memperbaikinya yaitu dengan cara unplug receiver mouse wireless dan plug atau tancapkan kembali. Tetapi jika portnya bermasalah maka anda harus menganti dengan menancapkan mouse wireless receiver pada port lain.

2. Daya baterai lemah
Mouse Wireless tidak akan berfungsi optimal jika baterai mengalami low atau lemah. Maka dari itu, buka tutup penyimpanan baterai mouse dang anti dengan baterai yang baru.
Selain baterai yang lemah, masalah juga bisa saja terjadi karena jangkauan sinyal dan penerima yang lemah. Dimana gangguan sinyal tersebut bisa terjadi karena ada sinyal dari perangkat lainnya yang dappat menganggu koneksi mouse wireless, misalnya lampu neon, radio, ponsel, dan benda logam lainnya. Maka dari itu, sebaiknya jauhkan benda-benda tersebut dari mouse wireless supaya perangkat mouse bisa menerima sinyal dengan baik.

3. Masalah software
Untuk mendukung performa dari mouse wireless maka harus membutuhkan beberapa fitur khusus seperti tombol tambahan atau tombol akses cepat serta membutuhkan software tertentu. Bahkan pada beberapa kasus tertentu, software tidak compatible dengan komputer atau bahkan gagal diinstal. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa menginstal ulang software mouse wireless yang compatible dengan komputer anda.

4. Kerusakan perangkat
Penyebab lain mouse wireless yang tidak berfungsi yaitu karena penggunaan mouse wireless yang cukup lama. Seperti barang elektronik lain, mouse juga bisa mengalami kerusakan fisik. Untuk masalah ini, anda bisa menganti mouse wireless lama anda dengan yang baru.

5. Virus
Dan penyebab lain dari masalah kerusakan mouse wireless yaitu karena di sebabkan oleh virus. Terkadang bisa mengklik sendiri, kursor melompat dan tidak dapat dikembalikan, dan lain-lain. Untuk itulah, maka sebaiknya gunakan antivirus berkualitas untuk menscan semua sistem komputer. Selain itu, periksa juga konfigurasi software tertentu yang bisa saja mengalami perubahan sehingga menyebabkan mouse tidak berfungsi. Selan itu, gunakan baterai yang berkualitas dan juga jangan lupa untuk membersihkan mouse pad dan meja PC anda. Karena bisa saja debu menjadi penyebab terjadinya masalah pada hardaware yang anda gunakan.

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment