Blog

Tips Menghindari Mata Lelah Saat Berada Di Depan Komputer

Mata merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi manusia. Sehingga kita harus benar-benar menjaganya agar tidak rusak, karena jika rusak maka akan berakibat buruk untuk orang yang mengalaminya. Kerusakan organ mata sendiri bisa saja terjadi oleh beberapa hal, salah satunya yaitu karena terlalu lama berada di depan komputer.

Dan untuk efek buruknya sendiri cukup beragam, mulai dari mata tidak fokus dampai susah untuk melihat. Namun yang secara langsung dirasakan para pengguna komputer yang terlalu lama di depan komputer yaitu maca akan terasa berat dan lelah. Dan jika hal ini biarkan terus-menerus maka kemungkinan hal yang lebih buruk juga akan terjadi kepada mata anda.

Berikut di bawah ini adalah beberapa tips cara menjaga mata anda agar tetap aman saat di depan komputer dan mengatasi mata anda agar tidak mudah lelah :

1.Gunakan Pencahayaan yang Tepat

Cahaya yang terang berlebihan, baik itu dari sinar matahari yang masuk melalui jendela maupun pencahayaan dari dalam yang cukup kuat bisa membuat kita mengalami ketegangan mata. Jika anda menggunakan komputer, maka sebaiknya pencahayaan anda harus sekitar setengah persen dari biasa yang sering di temukan di sebagian besar kantor-kantor. Selain itu, jika memungkinkan, usahakan menempatkan monitor komputer anda berada di jendela amping jendela buka berada di depan atau di belakangnya.

2.Upgrade Monitor Anda

Jika anda masih menggunakan layar monitor tabung maka sebaiknya upgrade monitor anda ke Layar LCD yang lebih terhadap mata dan biasanya memiliki permukaan anti-reflektif. Karena penggunaan layar monitor tabung (CRT) kuno dapat menyebabkan flicker pada gambar, sehingga menjadi penyebab utama ketegangan mata komputer.
Flicker tidak akan terdaji di layar LCD, karena kecerahan piksel pada layar dikendalikan oleh cahaya belakang dari layar LCD tersebut. Dan usahakan untuk memilih layar monitor yang relative besar dan nyaman.

3.Sesuaikan Pengaturan Tampilan Komputer Anda

Dengan menyesuaikan pengaturan tampilan layar komputer juga dapat membantu mengurangi ketegangan mata dan kelelahan.
– Menyesuaikan Kecerahan
Sesuaikanlah kecerahan layar komputer anda sehingga kurang lebih sama seperti kecerahan ruangan di sekitar anda. Untuk melakukannya, cobalah melihat latar belakang putih, jika terlihat seperti sumber cahaya, maka itu masih terlalu terang. Tetapi jika tampak kusam dan abu-abu mungkin juga terlalu gelap.
– Sesuaikan ukuran teks dan kontras
Sesuaikanlah ukuran teks dan kontras sesuai dengan kebutuhan anda, terutama saat membaca atau menulis dokumen yang panjang. Karena biasanya cetak hitam pada layar belakang putih merupakan kombinasi terbaik untuk kenyamanan.
– Temperatur warna
Temperatur warna merupakan istilah teknik yang di gunakan untuk menggambarkan spectrum cahaya yang di pancarkan oleh layar warna. Contonya seperti warna biru muda memiliki panjang gelombang yang lebih pendek dan dapat menyebabkan ketegangan dan kelelahan mata jika di bandingkan dengan warna yang gelombangnya lebih panjang seperti warna oranye dan merah. Maka dari itu sebaiknya anda mengurangi suhu warna tampilan dengan menurunkan jumlah cahaya biru yang di pancarkan oleh layar warna untuk jangka waktu panjang sehingga dapat membuat anda lebih nyaman.

4.Sering Berkedip

Menurut penelitian, saat orang bekerja di depan komputer maka otomatis mata akan kurang berkedip. Padahal, berkedip itu sangat penting saat bekerja di depan komputer karena berkedip akan membasahi mata sehingga mencegah kekeringan pada mata dan iritasi. Air mata juga akan menguap lebih cepat jika kita tidak berkedip sehingga menyebabkan mata kering. Dan untuk mengurangi resiko itulah maka sebaiknya anda melatihnya dengan cara berkedip 10 kali dalam 20 menit sambil menutup mata anda seakan tertidur dan lakukan dengan sangat lambat. Itu adalah cara untuk lembabkan mata anda.

5.Olahraga Mata

Terlalu lama melihat focus pada satu titik juga dapat menyebabkan ketegangan mata, maka dari itu, untuk mengurangi resiko ini, tidak ada salahnya anda mencoba trik 20-20-20, caranya yaitu, ketika anda terfokus di depan komputer maka jauhkan pandangan setiap 20 menit sekali dan kemudian tatap obyek yang setidaknya memiliki jauh sekitar 20 kaki atau 6 meter minimal selama 20 detik. Gunanya melihat jauh yaitu untuk melemaskan otot fokus dalam mata serta mengurangi kelelahan mata.

Cara yang kedua yaitu dengan cara melihat objek yang jauh selama 10 – 15 detik, lalu kemudian ubah pandangan ke objek yang dekat selama 10 – 15 detik dan kembali lagi melihat ppada objek yang jauh. Lakukan cara ini sampai 10 kali.

Kedua cara tersebut setidaknya dapat mengurangi resiko ketegangan mata pada komputer.

6.Gunakan Kacamata Anti Radiasi

Cara ini memang terbilang cukup mahal, karena anda harus membeli kacamata anti radiasi. Kacamata anti radiasi sendiri berfungsi untuk mengurangi efek radiasi yang berlebihan ke mata anda. Selain di gunakan di depan komputer, kacamata ini juga biasanya di gunakan saat menonton tv, jalan-jalan di terik matahari dan lain sebagainya.

Mungkin Ini Yang Anda Cari ? : Beli Komputer Bekas, Jual Beli Komputer, Jual Beli Komputer Bekas, Jual Komputer Bekas, Terima Komputer Bekas

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment