Blog

Tips Merefresh RAM PC tanpa Restart

RAM atau singkatan dari Random Access Memory merupakan sebuah perangkat keras atau hardware yang berada didalam sebuah komputer, laptop maupun smartphone. Fungsi dari RAM sendiri yaitu untuk tempat penyimpanan sementara ketika PC sedang dijalankan serta bisa digunakan secara random.

RAM ini sangat mempengaruhi kecepatan pemrosesan data dalam sebuah komputer maupun laptop, jika kapasitasnya semakin besar maka akan semakin cepat dan lancara pemrosesan data dari PC tersebut. Mungkin sebagian dari anda pernah mengalami ketika menggunakan sebuah komputer merasakan lambat, eror, hang atau lain sebagainya. Dan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan cara menambahkan ram lagi atau bisa juga dengan membersihkan atau menyegarkan ram supaya bisa berjalan lebih cepat lagi.

Tahukah anda bahwa program yang berjalan pada sistem akan tersimpan ke dalam RAM, baik itu program atau aplikasi yang sedang berjalan atau tidak oleh sistem komputer sendiri. Dan masalahnya yaitu terletak pada program yang tidak digunakan oleh sisitem namun sering kali menyebabkan komputer menjadi eror atau Lah dan akhirnya akan menyebabkan terjadinya hang atau not responding.

Untuk itulah kita harus secara rutin menyegarkan kembali kinerja RAM, biasanya, RAM akan merefresh kembali setelah di restart atau reboot ulang komputer. Namun hal tersebut sangat tidak menyenangkan karena jika anda sedang mengerjakan pekerjaan, maka tidak akan segera terselesaikan.

Anda tidak perlu khawatir karena ada alternative lain untuk menyegarkan RAM tanpa harus merestart atau reboot komputer anda. Yaitu anda hanya akan membuat dokumen atau shortcut yang berisi kode-kode refresh yang kemudian akan bekerja untuk mengosongkan kembali RAM anda tanpa harus reboot.

Cara Pertama:

Cara yang pertama yaitu dengan membuat dokumen menggunakan notepad, dimana anda hanya akan memasukkan code didalmnya dan kemudian menyimpannya. Caranya yaitu :
1.Pertama-tama bukalah Notepad, dan untuk lebih mudahnya, tekan tombol Windows + R kemudian tulis notead, dan klik OK.
2.Kemudian Copy Paste semua Code berikut ini ke dalam notepad
FreeMem=(1280000000)
FreeMem=(2560000000)
FreeMem=(5120000000)
FreeMem=(10240000000)
3. Selanjutnya yaitu klik menu File, kemudian Save As. Dan simpan dengan nama refreshram.vbs
4. Lalu tentukan tempat penyimpanan file.
5. Dan yang terakhir yaitu klik Save.

Kemudian Cara Yang Kedua:

Jika cara diatas, anda harus membuat file melalui notepad dan menyimpannya, maka cara yang kedua ini bisa dibilang cukup mudah dan praktis, yaitu anda hanya akan membuat shortcup di desktop. Berikut adalah caranya :

1.Buatlah Shortcut di dekstop komputer anda dengan cara klik kanan, lalu pilih New > Shortcut.
2.Lalu masukan kode berikut ke dalam kolom item.
%windir%\system32\rundll32.exe advapi32.dll,ProcessIdleTasks
3.Kemudian klik Enter.
4.Lalu beri nama, atau biarkan saja secara default.
5.Dan yang Terakhir yaitu tinggal klik Finish.

Sementara, untuk cara penggunaannya sendiri yaitu hanya dengan double klik pada filenya, namun tidak akan terjadi apa-apa, hanya saja RAM yang sebelumnya sudah terpakai akan di refresh kembali dan dibersihkan. Untuk itulah jika komputer atau laptop anda sudah mulai lambat atau sering lag maka silahkan double klik pada filenya.

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment