Blog

Tips Supaya FlashDisk Tetap Awet

Bagi yang memiliki aktifitas sehari-hari berhadapan dengan perangkat komputer pasti sudah sangat mengenal media storage yang bernama Flashdisk. Dimana perangkat tersebut memang sangat membantu pekerjaan seseorang seperti memindahkan data dari suatu perangkat ke parangkat yang lainnya.

Namun, seringkali kita tidak mengetahui cara merawat Flashdisk yang benar dan tepat, sehingga flashdisk cepat rusak. Dan berikut dibawah ini adalah beberapa tips membuat Flashdisk anda tahan lama dan awet :
1. Mencabut Flashdisk Dengan Benar
Tidak banyak yang mengetahui tentang mencabut flashdisk yang benar ketika sedang tercolok di komputer, Terlebih lagi ketika Flashdisk sedang bekerja seperti membaca dan menulis data, Tentu saja jika kita mencabutnya secara paksa maka akan menyebabkan kerusakan pada flashdisk tersebut.

Sementara, cara mencabut flashdisk yang benar yaitu dengan mengklik icon USB yang ada dipojok kanan bawah layar kemudian klik Eject.

2. Jangan Terlalu Sering Menggunakan USB Hub
Banyak orang yang lebih memilih menggunakan USB hub karena memang hal tersebut memberikan kenyamanan tersendiri bagi mereka. Karena dengan menggunakan alat tersebut, jumblah Port USB akan bertambah. Tetapi sebenarnya, hal tersebut tidaklah baik untuk kesehatan Flashdisk, apalagi jika terlalu sering digunakan. Karena jika USB hub yang digunakan daya listriknya tidak cocok maka akan menyebabkan proses membaca dan menulis menjadi lebih lambat.

Maka dari itu, sebaiknya gunakan USB Hub dalam kondisi tertentu saja, contohnya seperti port USB sudah penuh dan jangan sekali-kali menggunakan USB Hub untuk melakukan copy file di atas 500MB.

3. Jika Tercebur ke Air, Jangan langsung digunakan
Jika Flashdisk anda tercebut ke dalam air memang tidak akan mengakibatkan kerusakan, namun anda harus menunggu Flashdisk tersebut benar-benar kering terlebih dahulu. Contohnya seperti, jika flashdisk anda tercebut hari ini maka jika anda ingin menggunakannya, anda harus menunggunya dan memastikan bahwa flashdisk tersebut benar-benar kering sampai esok hari. Dengan begitu maka Flashdisk anda tidak akan mengalami kerusakan dan bisa digunakan seperti biasanya.

4. Gunakanlah Port USB Belakang PC
Biasanya, sebuah PC memiliki 8 port USB yang berada di belakang 4 port dan di depan 4 port. Tetapi port yang ada didepan keterhubungan dengan kabel lainnya, itulah alasannya ketika melakukan sebuah Copy File maka prosesnya akan lebih cepat jika menggunakan pport flashdisk di belakang PC dari pada di depan.

Karena memang, Flashdisk atau hampir semua storage device dirancang untuk digunakan searah, sehingga anda harus mencolokkannya hanya dalam kondisi satu arah saja.

Kunjungi : JUAL BELI KOMPUTER BEKAS

Leave a comment